Informasi Seputar Pendidikan

Pengertian Beriman Kepada Allah Swt, LENGKAP

Tahukah Anda apa itu Iman Kepada Allah. Pernahkah kamu merasa dekat dengan Allah Swt. sehingga perasaanmu merasa begitu tenang? Pernahkah kamu merasa jauh dengan-Nya sehingga jiwamu merasa hampa? Berbahagialah orang-orang yang hatinya merasakan dekat dengan Allah Swt. orang-orang semacam ini akan merasakan ketenangan dan kebahagiaan di dalam diri mereka. Sebaliknya ketika seorang hatinya merasakan jauh dari Allah Swt. maka akan senantiasa diliputi kegelisahan.

Agar kita bisa menjadi orang yang hatinya dekat dengan Allah Swt. perlu belajar mengenai bagaimana caranya agar dekat dengan-Nya, salah satunya adalah dengan lebih mengenal-Nya.

Iman Kepada Allah Swt.

Pada dasarnya manusia memerlukan bekal untuk mengarungi kehidupan di dunia maupun akhirat. Iman merupkan bekal utama bagi seseorang untuk menentukan arah kehidupannya. Hidup tanpa dilandasi iman ibarat orang tersesat. Orang tersesat tidak mengerti arah mata angin dan tidak tahu kemana harus melangkah. Betapa pentingnya masalah keimanan ini sehingga sebagai muslim kita semua harus betul-betul memahami hakikat iman, cara beriman, dan kepada siapa kita harus beriman.

Pengertian Beriman Kepada Allah Swt, LENGKAP


Secara harfiah iman berarti percaya. Sedangkan menurut istilah, iman berarti percaya dan meyakini dengan sepenuh hati, mengucapkan dengan lisan, dan membuktikan perbuatan. Tanda-tanda keiman dalam diri seseorang dapat terlihatd ari amal perbuatan yang dikerjakan, karena kepribadian diri seseorang merupakan pancaran dari iman yang ada di dalam diri seseorang. Iman kepada Allah Swt. merupakan pokok dari seluruh iman yang terhubung dalam rukun iman. Dengan demikian, keimanan kepada Allah Swt. harus tertanam dengan benar kepada diri seseorang. Sebab jika iman kepada Allah Swt. tidak tertanam dengan benar, maka kekeliruan ini akan berlajut terhadap keimanan kepada malaikat, kitab, rasul, hari kiamat, serta qada dan qadar-Nya. Allah Swt. berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا آمِنُوا بِاللَّهِ وَرَسُولِهِ وَالْكِتَابِ الَّذِي نَزَّلَ عَلَىٰ رَسُولِهِ وَالْكِتَابِ الَّذِي أَنْزَلَ مِنْ قَبْلُ ۚ وَمَنْ يَكْفُرْ بِاللَّهِ وَمَلَائِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ فَقَدْ ضَلَّ ضَلَالًا بَعِيدًا
Artinya:

Wahai orang-orang yang beriman! Tetaplah beriman kepada Allah dan Rasul-Nya (Muhammad) dan kepada kitab (Ql-Quran) yang diturunkan kepada Rasul-Nya, serta kitab yang diturunkan sebelumnya. Barang siapa ingkar kepada Allah, malikat-malaikatnya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, dan hari kemudian, maka sungguh, orang itu lebih tersesat sangat jauh. (Q.S. an-Nisa’/4:136)

Keimanan seseorang itu bisa tebal dan bisa tipis, bisa bertambah atau berkurang. Salah satu cara untuk meningkatkan keimanan kita kepada Allah Swt. adalah dengan memahami nama-nama-Nya yang baikd an indah. Kita sering mendengar nama-nama indah itu dengan sebutan asmaul husna.

Itulah tadi sedikit informasi yang bisa saya sampaikan tentang Pengertian Beriman Kepada Allah Swt semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menginspirasi Anda agar tetap dan senantiasa beriman kepada Allah Swt.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
100% Gratis | No Spam | Email Terlindungi | Pemberitahuan Langsung dari Google
smart-edu
Tags :

Populer Lainnya : Pengertian Beriman Kepada Allah Swt, LENGKAP

0 comments:

Post a Comment