Informasi Seputar Pendidikan

Pengertian dan Fungsi Utama Pasar

Pernahkah Anda pergi ke pasar? Pasti Anda tentu sudah pernah pergi ke pasar mungkin sekeddar membeli sayur atau yang lainnya. Lalu apakah pemahaman Anda mengenai pasar? Sekilas pasar merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli. Di pasar penjual menjual barang dagangannya dan pembeli membeli barang tersebut. Lantas, bagaimana pengertian pasar secara luas dalam ilmu ekonomi? Semua itu akan kita kaji bersama dalam ilmu Pengertian dan Fungsi Utama Pasar berikut.

Pengertian Pasar

Dalam arti sempit, pasar dapat diartikan sebagai tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk bertransaksi barang atau jasa. Dalam arti luas, pasar merupakan proses imana penjual dan pembeli saling berinteraksi untuk menetapkan harga keseimbangan. Terjadinya sebuah pasar diperlukan syarat-syarat berikut.
  1. Terdapat penjual dan pembeli.
  2. Tersedia barang dan jasa yang akan diperjualbelikan.
  3. Terjadinya transaksi antara pembeli dan penjual melalui proses tawar menawar.
  4. Tersedia media untuk interaksi antara penjual dan pembeli.
Dalam kegiatannya, pasar memiliki tiga fungsi utama yaitu sebagai berikut.

a. Fungsi Distribusi

Pengertian dan Fungsi Utama Pasar


Dalam kaitannya dengan fungsi distribusi, pasar memungkinkan produsen berhubungan dengan konsumen baik secara langsung maupun tidak langsung dengan perantara dalam perdagangan. Pendistribusian barang dan jasa dapat berjalan lancar apabila pasar berfungsi dengan baik.

b. Fungsi Pembentukan Harga

Pembeli dan penjual akan melakukan permintaan dan penawaran di pasar. Penjual akan menawarkan barang dagangannya dengan memperhitungkan biaya dan keuntungan yang diharapkan, sedangkan pembeli akan menawar barang tersebut sesuai dengan kemampuan yang ada padanya. Harga pasar akan terbentuk dengan adanya kesepakatan antara pembeli dan penjual.

c. Fungsi Promosi

Pasar dapat digunakan oleh produsen untuk memperkenalkan barang produksinya. Hal ini terutama untuk barang-barang yang baru. Biasanya pasar yang digunakan adalah yang bersifat permanen sekaligus juga melakukan penjualan.

Itulah tadi sedikit informasi yang bisa saya sampaikan tentang Pengertian dan Fungsi Utama Pasar semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
100% Gratis | No Spam | Email Terlindungi | Pemberitahuan Langsung dari Google
smart-edu
Tags :

Populer Lainnya : Pengertian dan Fungsi Utama Pasar

0 comments:

Post a Comment