Informasi Seputar Pendidikan

Jenis Pasar Berdasarkan Lingkup Daerahnya

Pasar dalam arti fisik merupakan salah satu fasilitas umum yang sangat diperlukan bagi kegiatan transaksi antara pedagang dan konsumen. Fasilitas pasar akan menjamin tingkat efisien transaksi karena di dalam pasar tersedia banyak pedagang dengan berbagai macam produk dagangannya. Dengan adanya pasar, biaya transportasi konsumen dalam melakukan pembelanjaan serta biaya marketing dari pedagang akan berkurang karena lokasi transaksi dan marketing yang memusat. Pasar akan menjadi kekuatan penarik kegiatan bisnis sehingga akan mendukung pengembangan ekonomi pada wilayah tersebut. Berikut ini adalah Jenis Pasar Berdasarkan Lingkup Daerahnya
Jenis-jenis pasar diklasifikasikan menjadi beberapa macam kelompok, yaitu beerdasarkan lingkup daerahnya dan berdasarkan para peminat atau pelaku pembeli.

Jenis Pasar Berdasarkan Lingkup Daerahnya

Berdasarkan lingkup daerahnya, pasar dikelompokkan menjadi dua yaitu sebagai berikut.

1. Pasar Dalam Negeri

Pasar dalam negeri adalah pasar-pasar yang terdapat yang terjadi di dalam suatu wiayah negara. Pasar dalam negeri dapat berupa pasar nyata yang ada di kota-kota atau daerah dan yang terjadi secara luas menggunakan teknologi dalam wilayah tertentu, yaitu dalam wilayah kota, provinsi, dan di seluruh wilayah negara yang bersangkutan.

2. Pasar Luar Negeri

Pasar luar negeri adalah pasar yang terdapat dan terjadi antara suatu negara dan negara lain. Pasar luar negeri dapat terjadi karena adanya:
  • Kegiatan dagang antara dua negara (bilateral)
  • Kegiatan antara lebih dari dua negara (multilateral).
  • Jenis Pasar Berdasarkan Para Peminat atau Pelaku Pembelinya
Berdasarkan para peminat atau pelaku pembelinya, pasar dikelompokkan menjadi beberapa macam sebagai berikut.

1. Pasar Konsumen

Jenis Pasar Berdasarkan Lingkup Daerahnya


Pasar konsumen adalah pasar yang terdiri dari para konsumen akhir. Para konsumen akhir (pemakai) meminta barang dan jasa yang diperlukan yang dapat dibeli atau disewa. Contoh: barang-barang berupa makanan, pakaian, dan televisi dapat langsung dibeli, sedangkan untuk rumah dapat dibeli atau disewa.

2. Pasar Produsen

Pasar Produsen adalah pasar yang terdiri dari individu-individu atau organisasi-organisasi (produsen) yang memerlukan barang atau jasa untuk kepentingan produksinya. Para produsen memerlukan barang-barang modall dan barang atau jasa untuk diproses lebih lanjut, kemudian dijual kembali atau disewakan kepada pihak lain.

3. Pasar Pedagang Perantara

Pasar pedagang perantara adalah pasar yang terdiri dari individu-individu atau organisasi-organisasi yang disebut perantara dalam penjualan (middlemen), pedagang (diler/trader), penyalur (distributor), makelar, dan lain-lain, yang memerlukan barang-baarang untuk dijual kembali.

4. Pasar Pemerintah

Pasar pemerintah adalah pasar yang terdiri dari unit-unit pemerintah (pusat dan daerah) yang memerlukan barang atau jasa untuk mencukupi keperluan dalam rangka melaksanakan fungsi-fungsinya dalam pemerintahan. Unit-unit pemerintahan tersebut merupakan pengguna barang atau jasa yang serupa dengan konsumen akhir.

Itulah tadi sedikit informasi yang bisa saya sampaikan tentang Jenis Pasar Berdasarkan Lingkup Daerahnya semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
100% Gratis | No Spam | Email Terlindungi | Pemberitahuan Langsung dari Google
smart-edu
Tags :

Populer Lainnya : Jenis Pasar Berdasarkan Lingkup Daerahnya

0 comments:

Post a Comment