Informasi Seputar Pendidikan

Faktor yang Mempengaruhi Elastisitas Permintaan

Mengapa permintaan suatu barang bersifat elastis? Apa sebabnya? Dan mengapa barang yang lain bersifat inelastis? Apa sebabnya? Mengapa pula ada barang yang bersifat elastis sempurna dan inelastis sempurna? Jawabnya adalah karena ada faktor-faktor yang bisa memengaruhi suatu barang bersifat elastis, inelastis, unitary, elastis sempurna atau in elastisitas sempurna. Faktor yang Mempengaruhi Elastisitas Permintaan suatu barang dijelaskan berikut ini.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Elastisitas Permintaan

Berikut beberapa faktor yang mempengaruhi elastisitas permintaan.

1. Barang Substitusi

Keberadaan barang substitusi dapat mempengaruhi elastisitas permintaan. Apabila suatu barang A memiliki substitusi B. jika terjadi kenaikan harga pada barang A, orang akan beralih membeli barang substitusi. Dengan demikian, semakin ttinggi kemampuan barang lain untuk menggantikan barang tersebut, permintaan terhadap barang A semakin elastis. Sebaliknya bila suatu barang tidak memiliki barang substitusi, sifat permintaan barang tersebut adalah inelastis.

2. Intensitas Kebutuhan


Suatu barang disebut kebutuhan pokok apabila dibutuhkan oleh sebagian besar masyarakat. Semakin pokok suatu barang, permintaannya ssemakin inelastis, contohnya beras sebagai keebutuhan pokok hampir sebagian masyarakat Indonesia. Apabila harga beras naik, permintaan beras hanya akan berkurang sedikit.

3. Pendapatan Konsumen

Faktor lain yang mempengaruhi elastisitas permintaan adalah proporsi atau bagian kenaikan harga barang terhadap pendapatan konsumen. Apabila proporsi tersebut besar, permintaan cenderung lebih elastis. Akan tetapi, bila proporsi atau bagian pendapatan itu kecil , permintaan cenderung lebih inelastis. Contoh, penurunan harga mesin cuci menyebabkan orang segera akan melakukan pembelian. Proporsi pendapatan untuk mesin-mesin jumlahnya tinggi sehingga pada saat ada penurunan harga, permintaannya naik drastis.

Faktor yang Mempengaruhi Elastisitas Permintaan


4. Waktu yang Diperlukan untuk Penyesuaian terhadap Harga Baru

Semaik panjang waktu yang diperlukan untuk menyesuaikan harga barang yang baru, semakin elastis permintaan suatu barang. Apabila harga suatu barang berubah untuk jangka waktu yang lebih lama, jumlah yang diminta barang itu menjadi semakin banyak.

5. Tradisi atau Kebiasaan Masyarakat

Kebiassaan atau tradisi yang berlaku pada suatu masyarakat dapat mempengaruhi elastisitas permintaan suatu barang. Apabila penggunaan suatu barang sudah menjadi tradisi atau kebiasaan, permintaannya akan bersifat inelastis. Walaupun harganya naik, konsumen akan tetap membelinya.

6. Perkembangan Mode

Perkembangan mode trnyata juga memberi pengeruh pada elastiitas permintaan. Perkembangan mode mengakibatkan permintaan bersifat inelastis. Apabila barang tersebut sedang digandrungi masyarakat atau sedang tren , berapapun harganya akan tetap dibeli konsumen.

7. Jumlah Pemakai

Semakin banyak jumlah pemakai suatu barang, permintaannya semakin inelastis.

Ituah tadi sedikit informasi yang bisa saya berikan tentang Faktor yang Mempengaruhi Elastisitas Permintaan semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
100% Gratis | No Spam | Email Terlindungi | Pemberitahuan Langsung dari Google
smart-edu
Tags :

Populer Lainnya : Faktor yang Mempengaruhi Elastisitas Permintaan

0 comments:

Post a Comment