Informasi Seputar Pendidikan

Teknik Permainan Bulu Tangkis

Tenik bermain bulu tangkis tidak hanya diperuntukkan bagi pemain profesinal saja, tetapi jugauntukk semua orang yang ingin bermain bulu tangkis. Sebaiknya orang yang ingin bermain bullu tangkis harus menguasai teknik-teknik permainan bulu tangkis.
Setelah menguasai teknik bermain dilanjutkan dengan memahami taktik bermain bulu tangkis. Tahukah Anda, apa yang sebenarnya yang dimaksud dengan teknik dan taktik bermain bulu tangkis? Berikut ini adalah Teknik Permainan Bulu Tangkis yaitu.

Teknik dasar permainan bulu tangkis antara lain adalah sebagai berikut.

Cara Memegang Raket

Ada dua cara memegang raket yaitu forehand dan backhand

a. Pegangan Raket Cara Forehand
  1. Pegangan raket dengan posisi kepala raket menyamping. Pegang raket dengan cara seperti jabat tangan. Bentuk “V” tangan diletakkan pada bagian gagang raket.
  2. Tiga jari, yaitu jari tengah, manis dan kelingking menggengam raket, sedangkan jari telunjuk agak terpisah.
  3. Letakkan ibu jari di antara tiga jari dan telunjuk.
b. Pegangan Raket Cara Backhand

Teknik Permainan Bulu Tangkis


Geser bentuk V tangan ke arah dalam. Letaknya di samping dalam, bantalan jempol berada pada pegangan raket yang lebar.

2. Gerakan Kaki (Footwork)

Footwork merupakan dasar untuk bisa menghasilkan pukulan berkualitas, yaitu apabila dilakukan dalam posisi baik. Untuk bisa memukul dengan posisi baik, seseorang atlet harus memiliki kecepatan gerak. Kecepatan gerak kaki tidak bisa dicapai kalau footwork nya tidak teratur.

3. Sikap dan Posisi

Berat badan tetap bertumpu pada kedua kaki agar seimbang. Tekuk kedua lutut dan berdiri dengan bertumpu kaki sehingga posisi pinggang tetap tegak. Kedua kaki terbuka selebar bahu dengan posisi sejajar atau salah satu di depannya. Lengan dengan siku bengkok di samping badan sehingga lengan bagian atas yang memegang raket bebas bergerak. Kepala raket lebih tinggi daripada kepalanya.

4. Hitting Position (Posisi Memukul)

Posisi memukul bola atau sering disebut preparation. Waktu sekian detik yang ada pada masa persiapan ini juga dipakai untuk menentukan pukulan apa yang akan dilakukan. Oleh karena itu, posisi persiapan ini sangat penting dilakukan dengan baik dalam upaya menghasilkan pukulan berkualitas.

Hal yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut.

a. Overhead (Atas) untuk Right Handed
  1. Posisi badan menyamping dengan arah net. Posisi kaki kanan berada di belakang kaki kiri. Pada saat memukul bola harus terjadi perpindahan beban berat badan dari kaki kanan ke kaki kiri.
  2. Posisi badan harus selalu berada di belakang bola yang akan dipukul.
b. Untuk Pukulan Underhand (Bawah)
  1. Posisi memukul adalah kaki kanan selalu berada di depan dan kaki kiri dibelakang.
  2. Lutut kaki kanan dibengkokkan sehingga pada bagian bawah agak turun. Kerendahannya sesuai dengan ketinggian bola yang akan dipukul, sedangkan saat bola dipukul posisi kaki kiri harus tetap berada di belakang dan hanya bergeser ke depan sedikit.
c. Untuk Footwork Maju Mundur

Cara latihan footwork adalah sebagai berikut.
  1. Dari tengah ke depan, sebagai langkah dasar hanya dua langkah dimulai dengan kaki kiri kemudian kanan.
  2. Dari tengah ke belakang.
  3. Dari depan ke belakang dan sebaliknya.
Kesalahan yang terjadi dalam footwork adalah sebagai berikut.
  1. Pada ready position, tumpuan kaki tidak berada di bagian depan atas kaki. Akibatnya reaksi menjadi lambat.
  2. Posisi lutut lurus, tidak bengkok.
  3. Pada posisi memukul, kaki dan badan sejajar dengan net, akibatnya pukulan tidak kuat.
  4. Pada posisi underhand, kaki kiri berada di depan, keseimbangan kaki tidak ada dan sulit mengarahkan bola dengan tepat.
  5. Lutut/paha tidak turun, jangakauan kurang, dan lambat kembali ke bagian tengah lapangan.
d. Servis (Service)

Dalam aturan permainan bulu tangkis, servis merupakan modal awal untuk bisa memenangkan pertandingan. Dengan kata lain, seorang pemain tidak bisa mendapatkan angka apabila tidak bisa melakukan servis dengan baik. Namun, banyak pelatih maupun pemain tidak memberikan perhatian khusus untuk melatih dan menguasai teknik dasar ini. Oleh karena itu, sikap tersebut merupakan kekeliruan besar. Kita mengetahui bahwa angka/poin dalam permainan bulu tangkis tidak akan tercipta, apabila pemain tidak mahir melakukan servis dengan benar. Dalam permainan bulu tangkis ada tiga jenis servis, yaitu servis pendek, servis tinggi, dan servis setengah tinggi. Namun, biasanya servis digabungkan ke dalam jenis atau bentuk yaitu servis forehand dan backhand. Masing-masing jenis ini bervariasi pelaksanaannyasesuai dengan situasi permainan di lapangan.

1. Servis Forehand

a. Servis Forehand Pendek
  1. Tujuaan servis pendek ini adalah memaksa lawan agar tidak bisa melakukan serangan. Selain itu, lawan dipaksa berada dalam posisi bertahan.
  2. Variasi arah dan sasaran servis pendek ini dapat dilatih secara serius dan sistematis.
  3. Kok harus dipukul dengan ayunan raket yang relatih pendek.
  4. Pada saat perkenaan dengan kepala (daun) raket dan kok, siku dalam keadaan bengkok, untuk menghindari penggunaan tenaga pergelangan tangan, dan perhatikan peralihan titik berat badan.
  5. Cara latihannya adalah menggunakan sejumlah kok dan dilakukan secara berulang-ulang.
b. Servis Forehand Tinggi
  1. Jenis servis ini terutama digunakan dalam permainan tunggal.
  2. Kok harus dipukul dengan menggunakan tenaga penuh agar kok melayang tinggi dan jatuh tegak lurus di bagian belakang garis lapangan lawan.
  3. Saat memukul kok, kedua kaki terbuka selebar pinggul dan kedua telapak kaki senantiasa kontak dengan lantai.
  4. Perhatikan gerakan ayunan raket. Ke belakang, ke depan, dan setelah melakukan pukulan harus dilakukan dengan sempurna serta diikuti gerak peralihan titik berat badan dari kaki belakang ke kaki depan yang harus berlangsung kontinu dan harmonis.
  5. Biasakan selalu berkonsentrasi sebelum memukul kok.
  6. Hanya dengan berlatih tekun dan berulang-ulang tanpa mengenal lelah, dapat menguasai teknik servis forehand tinggi dengan baik.
2. Servis Backhand

Jenis servis ini pada umumnya, arah dan jatuhnya kok sedekat mungkin dengan garis serang pemain lawan. Kok sedapat mungkin melayang relatif dekat di atas jaring (net). Oleh karena itu, jenis servis ini kerap digunakan oleh pemain ganda.

Cara melakukan servis yang benar adalah sebagai berikut.
  • Pada saat memukul, tinggi kepala (daun) raket harus berada di bawah pegangan raket.
  • Perkenaan kok harus berada di bawah pinggang.
  • Kaki kiri statis.
  • Kaki hanya bergeser, tetapi tidak lepas dari tanah.
  • Rangaian mengayun raket harus dalam satu rangkaian.
  • Penerimaan servis bergerak sesaat setelah servis dipukul.
Teknik dalam bermain bulu tangkis dibedakan menjadi dua, yaitu taktik penyerangan dan pertahanan. Taktik tersebut sifatnya berubah-ubah disesuaikan pada situasi pada saat permainan.

Dalam permainan bulu tangkis antara taktik pertahanan dan penyerangan tidak bisa dipisahkan, aksudnya seorang pemain bulu tangkis dapat melakukan taktik penyerangan sekaligus melakukan taktik pertahanan, demikian juga sebaliknya. Taktik umum yang biasanya dilakukan adalah berusaha memberi kok yang membuat lawan bergerak membentuk huruf V.

Untuk menghadapi lawan yang mempunyai gaya masing-masing maka dapat menggunakan taktik sebagai berikut.

1. Lawan Suka Menyerang dan Bermain Cepat

Lawan yang mempunyai gaya permainan seperti itu biasanya memiliki pertahanan lemah. Cara menghadapinya, jangan diberi kesempatan untuk menyerang tetapi diberi kok pendek di net atau lob tinggi jauh ke belakang. Berikan pula pukulan-pukulan tak terduga (tipuan). Jika Anda sebagai pemain mempunyai pertahanan yang bagus, biarkan saja lawan menyerang sampai tenaganya habis, baru kemudian permainan dapat Anda kendalikan.

2. Lawan yang Menyukan Pukulan Tipuan atau Sulit Ditebak

Cara menghadapinya yaitu dengan lakukan lob-lob tinggi jauh ke belakang, kemudain lakukan penyerangan. Bisa juga dengan cara mempercepat tempo permainan.

3. Lawan yang Menyukai Pukulan Panjang dan Waktu Permainan Panjang

Cara menghadapi yaitu lakukan permainan yang cepat dan keras dengan pukulan drive dan smash, lakukan juga pukulan-pukulan tak terduga sehiingga membuat lawan akan tanggung dalam pengembalian kok.

Itulah tadi sedikit informasi yang bisa saya sampaikan tentang Teknik Permainan Bulu Tangkis semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
100% Gratis | No Spam | Email Terlindungi | Pemberitahuan Langsung dari Google
smart-edu
Tags :

Populer Lainnya : Teknik Permainan Bulu Tangkis

2 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete