Informasi Seputar Pendidikan

Sistem Operasi UNIX

Sejarah sistem operasi UNIX dikembangkan di AT dan T Bell Labs oleh Ken Thompson dan Dennis Ritchie sebagai upaya untuk menyediakan operasi yang lebih efisien untuk lingkungan yang baru. UNIX adalah sistem operasi pertama untuk memanfaatkan file sistem yang mempunyai kemampuan multitasking. Berikut ini adalah Sistem Operasi UNIX selengkapnya silahkan baca disini.

UNIX adalah salah satu sistem operasi yang tersedia untuk digunakan di komputer pribadi, server, dan jaringan. Beberapa kalangan menggangap OS UNIX lebih efisien dan dapat diandalkan dibandingkan sistem operasi lainnya. Sistem operasi UNIX dikenal karena ringan fitur ddan kemampuan untuk mengintegrasikan lancar dengan sistem operasi lain.

UNIX adalah sistem operasi komputer yang digunakan pada server, workstation, dan komputer pribadi. UNIX adalah program berdasarkan client-server model yang memungkinkan untuk multiuser interface atau jaringan dan menggunakan utilitas program kecil, sehingga sistem UNIX ini mampu melakukan berbagai tugas dari beberapa pengguna dalam kerangka waktu yang sama.

Berikut adalah tiga komponen utama dalam sistem operasi UNIX.

a. Karnel

Sistem Operasi UNIX


Karnel adalah perintah dari pusat sistem operasi. Dari sisni program konfigurasi memori ditugaskan, serta waktu urutan peristiwa. Karnel juga mengelola sistem repositori dalam menanggapi sistem panggilan.

b. Program

Program dalam UNIX berfungsi untuk membuat individu atas perintah yang diberikan oleh user untuk melakukan tugas-tugas tertentu.

c. Shell

Shell memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi dengan sistem. Di sinilah perintah baris yang dimasukkan, shell menerjemahkan perintah untuk karnel.

UNIX menyediakan lingkungan yag stabil, yang berarti itu mengurangi kerentanan terhadap crash program ketika baru dipasang. UNIX juga merupakan sistem yang lebih mandiri dalam program yang dapat berfungsi sebagai mail sendiri dan mencetak server. Hal ini memungkinkan untuk mendapatan privasi karena mail akan di download secara langsung ke komputer tidak dengan di web server. Kemampuan proses akan lebih cepat dan memerlukan sedikit memori.

Berikut adalah sifat-sifat dari sistem operasi UNIX.
  • Multiuser dan multitasking operating system.
  • Tidak user friendly.
  • Dapat menangani pemrosesan yang besar sekaligus menyediakan layanan internet seperti web server, FTP server, terminal emulation (telnet), akses database, dan NFS (Network File System) yang mengizinkan client dengan sistem operasi yang berbeda untuk mengakses file yang disimpan di komputer yang menggunakan sistem operasi UNIX.
  • Trademark dari UNIX sekarang dipegang oleh The Open Group.
Itulah tadi sedikit informasi yang bisa saya sampaikan tentang Sistem Operasi UNIX semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
100% Gratis | No Spam | Email Terlindungi | Pemberitahuan Langsung dari Google
smart-edu

Populer Lainnya : Sistem Operasi UNIX

0 comments:

Post a Comment