Informasi Seputar Pendidikan

Sistem Operasi Jaringan Novell NetWare

Netware merupakan salah satu sisitem operasi jaringan atau network operating system, yang dikembangkan oleh sebuah perusahaan bernama Novell, Inc. Karena dikembangkan oleh Novell, maka Netware dari awal hingga saat ini dikenal dengan istilah Novell Netware. Berikut ini adalah Sistem Operasi Jaringan Novell NetWare

Novell NetWare adalah salah satu perusahaan perangkat lunak yang seempat memimpin sistem operasi jaringan (NOS). perusahaan ini bernama Novell, Inc. yang menjual NetWare, yang merupakan NOS yang cukup banyak digunakan di dunia.

NOS (network operation system) diproduksi oleh Novell. Sistem operasi jaringan adalah sebuah jenis sistem operasi yang ditujukan untuk menangani jaringan. Umumnya, sistem operasi ini terdiri dari banyak layanan atau servis yang ditujukan untuk melayani pengguna seperti layanan berbagai berkas, layanan berbagai alat pencetak (printer), DNS service, HTTP service, dan sebagainya. Istilah ini populer pada akhir dekade 1980-an hingga awal dekade 1990-an.

Sistem Operasi Jaringan Novell NetWare


Novell NetWare adalah sebuah sisem operasi jaringan yang umum digunakan dalam komputer IBM PC atau kompatibelnya. Sistem operasi ini dikembangkan oleh Novell, dan dibuat berbaiskan tumpukan protokal jaringan Xerox XNS.

NetWare telah digantikan oleh OES (Open Enterpise Server). Versi terakhir dari NetWare hingga April 2007 adalah versi 6.5 Support Pack 6 yang identik dengan OES-NetWare Kernel, Support Pack 2.

Sistem operasi Novell NetWare banyak digunakan pada awal sampai pertengahan tahun 1990-an dengan konsep pembagian disk space dan printer.

Sistem operasi Novell NetWare pengembangan dalam hal antara lain sebagai berikut.
  1. File sharing yang merupakan layanan modul file, pencarian lokasi fisik dilakukan di server.
  2. Caching untuk meng-caching file yang sedang aktif.
  3. NCP (NetWare Core Protocol) lebih efektif karena tidak perlu ada acknowledgement untuk setiap permintaan atau data yang dikirimkan.
  4. Pelayanan selain file dan printer sharing seperti web, e-mail, database, TCP/IP, dan IPX.
Itulah tadi sedikit informasi yang bisa saya sampaikan tentang Sistem Operasi Jaringan Novell NetWare semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
100% Gratis | No Spam | Email Terlindungi | Pemberitahuan Langsung dari Google
smart-edu

Populer Lainnya : Sistem Operasi Jaringan Novell NetWare

0 comments:

Post a Comment