Informasi Seputar Pendidikan

Pengertian dan Manfaat Sharing Device

Jaringan komputer dapat diartikan sebagai himpunan interkoneksisejumlah komputer otonom. Dua buah komputer dikatakan membentuk suatu network bila keduanya dapat saling bertukar informasi. Pembatasan istilah otonom di sini adalah untuk membedakan dengan sistem master/slave. Bila sebuah komputer dapat membuat komputer lain aktif atau tidak aktif dan mengontrolnya, maka komputer tersebut tidak otonom. Sebuah sistem dengan unit ppengendali (control unit) dan sejumlah komputer lain yang meruppakan slave bukanlah suatu jaringan, komuter besar dengan remote printer dan terminalpun bukanlah suatu jaringan. Berikut ini adalah Pengertian dan Manfaat Sharing Device.

Interkoneksi antarkomputer telah menambah fungsi lain darinya, tidak hanya sebagai pengolah dan penyimpan data, melainkan sebagai alat komunikasi dan resource and information sharing. Dalam suatu jaringan komputer anda bisa saling berbagai pemakaian sumber daya (resource) misalnya pemakaian printer bersama, CD-ROM, dan floppy disk. Selain itu, komputer dalam suatu jaringan dapat menjadi alat komunikasi dan information sharing yang efektif misalnya dengan teleconference meeting, internet, dan mailing list.

Pengertian dan Manfaat Sharing Device


Secara umum, jaringan mempunyai beberapa manfaat yang lebih dibandingkan dengan komputer yang berdiri sendiri dan dunia usaha telah pula mengakui bahwa akses ke teknologi informasi modem selalu memiliki keunggulan kompetitif dibandingkan pesaing yang terbatas dalam bidang teknologi.

Berikut adalah beberapa manfaat dari jaringan komputer.

a. File sharing. Jaringan komputer membuat user untuk saling berbagi file-file secara langsung. File yang terletak di foldertertentu bisa di-share di jaringan atau di letakkan di file server. Hasilnya user di komputer lain bisa mengaksesnya tanpa mengalami kesulitan karena seolah diakses dari komputer sendiri.

b. Hardware sharing. User bisa membagi peranti-peranti di komputernya dalam jaringan. Misalnya peranti-peranti seperti printer, CD-ROM, harddisk. Ketika dipasangkan dalam jaringan komputer bisa men-share peranti di komputer mereka yang memungkinkan pengguna komputer lain mengakses perangkat tersebut seolah berada di komputer mereka sendiri. Dengan model seperti ini, penggunaan sebuah peranti akan lebih efisien misalnya satu buah printer bisa dipakai oleh banyak pengguna komputer yang terhubung ke jaringan.

c. Program sharing. Aplikasi-aplikasi tertentu bisa dijalankan dari komputer lain di jaringan biasanya file-file aplikasi pokok di simpan di server dari jaringan agar kemudian bisa diinstal melalui jaringan komputer. Hal ini membuat proses instalasi sebuah software di jaringan makin mudah. Hal ini juga membuat proses upgrade dan maintenance aplikasi di seluruh jaringan akan terasa gampang.

d. Komunikasi. Jaringan komputer memungkinkan user untuk berkomunikasi dengan berbagai media seperti e-mail, newsgroup, dan konferensi video. Hal ini memungkinkan karena teks, suara, gambar, dan video dapat ditransmisikan di sepanjang jaringan komputer sebagai data. Komunikasi tersebut dapat dilakukan di jaringan komputer lokal maupun internet.

e. Game jaringan. Walauun hal ini sepertinya terlihat terlalu spele, namun game jaringan merupakan salah satu bisnis yang menguntungkan di dunia. Dengan game jaringan maka banyak orang bisa bermain game bersama-sama.

f. High reability (keandalan tinggi) yang dieroleh karena tersedianya sumber daya alternatif. Misalnya semua file dapat disalin (backup) ke semua mesin sehingga bila salah satu mesin mati, maka file tetap dapat diakses dari mesin lain yang masih aktif. Selain itu dengan adanya CPU yang banyak maka bial salah satu CPU tidak diakai, CPU lain akan mengambil alih tugasnya walaupun kinerjanya menjadi menurun.

g. Saving money (menghemat uang). Komputer berukuran kecil mempunyai resio harga atau kinerja yang lebih baik dibanding dengan komputer yang besar. Kompputer mainframe kira-kira memiliki kecepatan 10x lipat kecepatan komputer pribadi, akan tetai harga mainframe 10x lebih mahal. Ketidakseimbangan rasio harga atau kinerja inilah membuat para perancang sistem untuk membangun sistem yang terdiri dari komputer-komputer pribadi.

h. Pengembangan dan pemeliharaan. Pengembangan peralatan dapat dilakukan dengan mudah dan menghemat biaya. Tidak perlu membeli printer sejumlah komputer yang ada tetai cukup satu buah keran printer tersebut dapat digunakan secara bersama-sama. Jaringan komputer juga memudahkan pemakai dalam merawat harddisk dan peralatan lainnya, misalnya untuk memberikan perlindungan terhadap serangan virus maka pemakai cukup memusatkan perhatian terhadap harddisk, sehingga data mendapatkan perlindungan yang efektif.

i. Keamanan data. Sistem jaringan komputer dapat memberkan perlindungan terhadap data. Karena pemberian dan pengaturan hak akses kepada para pemakai serta teknik perlindungan terhadap harddisk, sehingga data mendaptkan perlindungan yang efektif.

j. Sumber daya lebih efisien dan informasi terkini. Dengan pemakaian sumber daya secara bersama-sama akan mendapatkan hasil yang maksimal dan kualitas yang tinggi. Selain itu, data atau informasi yang diakses selalu terbaru, karena setiap ada perubahan yang terjadi dapat segera langsung diketahui oleh setiap pemakai.

k. Jaringan membantu usaha dalam melayani klien mereka secara lebih efektif. Akses jarak jauh ke data terpusat memungkinkan karyawan dapat melayani klien di lapangan dan klien dapat langsung berkomunikasi dengan pemasok.

Itulah tadi sedikit informasi yang bisa saya sampaikan tentang Pengertian dan Manfaat Sharing Device semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
100% Gratis | No Spam | Email Terlindungi | Pemberitahuan Langsung dari Google
smart-edu

Populer Lainnya : Pengertian dan Manfaat Sharing Device

0 comments:

Post a Comment