Informasi Seputar Pendidikan

Pengertian, Manfaat dan Sikap yang Perlu Diperhatikan saat Diskusi

Sebagai seorang pelajar, Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan kegiatan diskusi. Apa yang Anda ketahui tentang diskusi? Pasti banyak dari Anda yang belum tahu apa sebenarnya arti dari kata diskusi. Nah dalam materi kali ini saya akan membahas tentang Pengertian, Manfaat dan Sikap yang Perlu Diperhatikan saat Diskusi untuk lebih jelasnya silahkan baca disini.

Diskusi merupakan kegiatan bertukar pikiran secara lisan. Diskusi biasanya dilakukan karena ada masalah atau persoalan yang perlu dibahas dan di pecahkan. Diskusi secara umum bertujuanuntuk mencari solusi atau penyelesaian suatu masalah secara teratur dan terarah. Maksud teratur dan terarah ialah semua unsur-unsur yang ada di dalam diskusi berfungsi, baik peserta, pembicara, maupun moderator, menjalankan tugasnya dengan baik, saling bertukar pikiran secara aktif, dan santun untuk mencapai kesepakatan atau penyelesaian yang baik.

Karena diskusi merupakan kegiatan bertukar pikiran, berarti semua yang terlibat di dalamnya harus melakukan urun pendapat. Peserta diskusi perlu menyimak, memerhatikan, dan menghargaidengan baik setiap pendapat yang diungkapkan oleh penyaji atau peserta lainnya. Sikap yang perlu diperhatikan peserta diskusi ketika kegiatan diskusi berlangsung antara lain sebagai berikut.

  1. Beretika, artinya dalam berbicara haruslah diungkapkan dengan sopan, ramah, tenang, dan simpatik.
  2. Demokratis, artinya memperlakukan peserta sama yang diutamakan hak dan kewajiban tanpa perbedaan, menyikapi secara positif pembicaraan peserta lain.
  3. Bersikap toleransi, artinya saling monghormati dan menghargai pembicaraan orang lain, jika ada perbedaan diselesaikan dengan baik, tanpa menyinggung perasaannya.
  4. Hilangkan rasa egois, artinya jangan merasa pendapat sendiri selalu benar serta jauhkan sifat memaksakan kehendak.
Pengertian, Manfaat dan Sikap yang Perlu Diperhatikan saat Diskusi


Diskusi yang baik akan membawa manfaat yang baik pula. Manfaat diskusi adalah sebagai berikut.

  1. Membiasakan sikap saling menghargai.
  2. Menanamkan sikap demokratis.
  3. Mengembangkan daya pikir.
  4. Mengembangkan pengetahuan dan pengalaman.
  5. Mewujudkan proses kreatif dan analitis.
  6. Mengembangkan kebebasan pribadi.
  7. Melatih keampuan dan keberanian berbicara.
Itulah tadi sedikitinformasi yang bisa saya sampaikan tentang Pengertian, Manfaat dan Sikap yang Perlu Diperhatikan saat Diskusi semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda..
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
100% Gratis | No Spam | Email Terlindungi | Pemberitahuan Langsung dari Google
smart-edu

Populer Lainnya : Pengertian, Manfaat dan Sikap yang Perlu Diperhatikan saat Diskusi

0 comments:

Post a Comment