Informasi Seputar Pendidikan

Pengertian, Fungsi, Komponen, dan Manfaat Administrasi Keuangan

Kata administrasi keuangan sering terdengar di telinga kita. Kata administrasi keuangan yang kita ketahui biasanya ditafsirkan sebagai proses pengelolaan keuangan yang dilakukan oleh sebuah organisasi, baik organisasi sektor privat maupun organisasi sektor publik. Keberadaan administrasi keuangan pun menjadi salah satu hal yang mutlak ada di dalam sebuah organisasi karena setiap organisasi pasti memiliki sumber keuangan dan pengalokasiannya sehingga administrasi keuangan pasti dibutuhkan. Berikut ini Pengertian, Fungsi, Komponen, dan Manfaat Administrasi Keuangan selengkapnya silahkan baca disini.

Pengertian Administrasi Keuangan

Salah satu pengertian administrasi keuangan adalah pengelolaan yang meliputi seluruh aktivitas yang berkaitan dengan keuangan untuk mencapai tujuan sebuah organisasi ataupun perusahaan tertentu. Dengan adanya administrasi keuangan yang baik, maka akan tercipta suasans kerja yang lebih nyaman dan produktif. Hal ini juga akan mendorong terciptanya keuangan yang lebih tertata dan lebih baik bagi suatu perusahaan.

Adapun pengertian administrasi keuangan dapat juga dilihat dalam dua pengertian berikut.
  1. Administrasi keuangan dalam arti sempit, yaitu segala pencatatan masuk dan keluarnya keuangan untuk membiayai suatu kegiatan organisasi kerja yang berupa tata usaha atau tata pembukuan keuangan.
  2. Administrasi keuangan dalam arti luas, yaitu kebijakan dalam pengadaan dan panggunaan keuangan untuk meujudkan kegiatan organisasi kerja yang berupa kegiatan perencanaa, pengaturan pertanggungjawaban, dan pengawasan keuangan.
Fungsi Administrasi Keuangan

1. Fungsi investasi, meliputi pengelolaan dana ke dalam aktiva-aktiva yang akan di gunakan untuk mencapai tujuan tersebut. Dana tersebut bisa berasal dari modal sendiri atau dari luar. Secara garis besar, keputusan investasi dapat dikelompokkan ke dalam dua jenis, yaitu sebagai berikut.

Pengertian, Fungsi, Komponen, dan Manfaat Administrasi Keuangan

  • Investasi jangka pendek, meliputi investasi dalam kas, persediaan, piutang, dan lain-lain.
  • Investasi jangka panjang, berupa gedung, tanah, peralatan produksi, kendaraan, dan lain-lain.
2. Fungsi mencari dana, meliputi fungsi pencarian modal yang dibutuhkan untuk membiayai usaha-usaha yang dijalankan. Disamping itu, juga berfungsi untuk memilih sumber-sumber dana yang tepat terhadap berbagai jenis kebutuhan. Hal ini berarti bahwa kita berusaha untuk memilih dana itu akan diambil dari pinjaman jangka pendek, pinjaman jangka panjang, atau modal sendiri.

3. Fungsi pembelanjaan, meliputi kegiatan tentang penggunaan dana, baik dana dari luar maupun dana milik sendiri yang dipergunakan untuk membiayai seluruh kegiatan. Dalam hal ini pembelanjaan berhubungan dengan proses produksi maupun pendukung proses produksi.

4. Fungsi pembagian laba, yaitu dengan menentukan aturan dalam mengadakan pembagian laba usaha. Fungsi pembagian laba ini sebenarnya dapat juga dimasukkan ke dalam fungsi mencari dana, maksudnya adalah diusahakan adanya dana yang berasal dari dalam perusahaan itu sendiri untuk mengembangkan usaha-usaha perusahaan tersebut.

Komponen Administrasi Keuangan

Sebagai bentuk pengelolaan perlu ada beberapa komponen di dalam administrasi keuangan. Komponen administrasi keuangan terdiri dari hal-hal berikut.
  1. Perencanaan keuangan. Perencanaan keuangan yaitu merencanakan pemasukan dan pengeluaran keuangan ataupun aktivitas-aktivitas lainnya dalam kurun waktu tertentu.
  2. Penganggaran keuangan. Pemasukan, pengeluaran, maupun aktivitas yang telah direncanakan sebelumnya, kemudian didetailkan dan dibuatkan anggarannya.
  3. Pengelolaan keuangan. Penggunaan dana sedemikian rupa agar dapat bermanfaat secara maksimal.
  4. Pencarian keuangan. Upaya mendapatkan pendanaan agar segala aktivitas organisasi dapat berjalan lancar.
  5. Penyimpanan keuangan. Upaya pengumpulan dana organisasi dan menyimpannya secara aman.
  6. Pengendalian keuangan. Berkaitan dengan penialaian dan perbaikan sistem ataupun kineja keuangan di dalam organisasi.
  7. Peeriksaan keuangan. Berkaitan dengan pemeriksaan atau audit internal terhadap penggunaan keuangan agar penyimpanan dapat dicegah.
Manfaat Administrasi Keuangan

Berfungsinya komponen-komponen dalam administrasi keuangan tersebut akan sangat membantu kinerja organisasi secara keseluruhan. Manfaat administrasi keuangan adalah sebagai berikut.
  1. Teraturnya penerimaan ataupun pengeluaran organisasi.
  2. Pemanfaatan uang maupun dikendalikan dan dikoordinasikan dengan baik.
  3. Berkurangnya kekeliruan dalam pembuatan laporan keuangan.
Itulah tadi sedikit materi yang bisa saya sampaikan tentang Pengertian, Fungsi, Komponen, dan Manfaat Administrasi Keuangan semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
100% Gratis | No Spam | Email Terlindungi | Pemberitahuan Langsung dari Google
smart-edu

Populer Lainnya : Pengertian, Fungsi, Komponen, dan Manfaat Administrasi Keuangan

0 comments:

Post a Comment