Informasi Seputar Pendidikan

Macam-Macam dan Contoh Perjanjian Internasional

Perjanjian internasional adalah perjanjian diadakan oleh subjek-subjek hukum internasional dan bertujuan untuk melahirkan akibat-akibat hukum tertentu. Contoh perjanjian internasional adalah perjanjian yang dibuat oleh negara dengan negara lain, negara dengan organisasi internasional, organisasi internasional dengan organisasi internasional lain, serta Tahta Suci dengan negara. Berikut ini Macam-Macam dan Contoh Perjanjian Internasional selengkapnya silahkan baca disini.

Macam-macam perjanjian internasional


Perjanjian internasional dibedakan berdasarkan kriteria, antara lain berdasarkan jumlah pesrta, strukturnya, subjeknya, cara berlakunya, isinya, proses pembentukannya, serta sifat pelaksanaan perjanjian. Berikut adalah penjelasannya




Berdasarkan Jumlah Peserta
  1. Perjanjian bilateral adalah perjanjian yang diadakan oleh dua negara untuk mengatur kepentingan kedua belah pihak. Contoh: perjanjian antara Republik Indonesia dan Republik Rakyat Tiongkok mengenai dwikewarganegaraan tahun 1954.
  2. Perjanjian multiteral adalah perjanjian yang dilakukan oleh banyak negara untuk mengatur kepentingan bersama negara-negara peserta perjanjian tersebut. Contoh: konvensi Janewa tahun 1949 mengenai perlindungan korban perang.
Berdasarkan Strukturnya
  1. Perjanjian internasaional yang bersifat law making ialah perjanjian yang mengandung kaidah hukum yang dapat berlaku bagi semua bangsa di dunia. Contoh: konverensi Wina tahun 1961 mengenai hubungan diplomatik
  2. Perjanjian internasional yang bersifat contract ialah perjanjian yang hanya menimbulkan hak dan kewajiban bagi phak-pihak yang mengadakan perjanjian tersebut. Contoh: perjanjian perdagangan, perjanjian pemberantasan penyelundupan, dan bajak laut antara Indonesia dan Filipina.
Berdasarkan Subjeknya
  1. Perjanjian antar negara adalah perjanjian yang dilakukan oleh negara yang merupakan subjek hukum internasional. Contoh: perjanjian antara Indonesia dan Cina.
  2. Perjanjian internasional adalah perjanjian antar negara dan subjek hukum internasional lainnya. Contoh: perjanjian antara Indonesia dan ASEAN.
  3. Perjanjian antar sesama subjek hukum internasional lainnya. Contoh: kerjasma ASEAN dengan UNI Eropa.
Berdasarkan Cara Berlakunya
  1. Perjanjian internasional yang bersifat self executing merupakan perjanjian yang langsung dapat berlaku sesudah diratifikasi oleh negara peserta.
  2. Perjanjian internasional yang bersifat non-self executing merupakan perjanjian yang harus dilakukan perubahan undang-undang di negara peserta terlebih dahulu sebelum diberlakukannya.
Berdasarkan Isinya
  1. Segi politis, seperti Pakta Pertahanan dan Pakta Perdamaian. Contoh: NATO, ANZUS, dan SEATO.
  2. Segi ekonomi seperti bantuan ekonomi dan bantuan keuangan. Contoh: IMF, IBRD, dan sebagainya.
  3. Segi hukum seperti status kewarganegaraan (Indonesia-RRC), ekstradisi, dan sebagainya.
  4. Segi batas wilayah, seperti laut teritorial, batas alam darat, dan sebagainya.
  5. Segi kesehatan, seperti masalah karantina, penanggulangan wabah penyakit AIDS, dan sebagainya.
Berdasarkan Proses/Tahapan Pembentuknya
  1. Perjanjian bersifat penting yang dibuat melalui proses perundingan, penandatanganan, ratifikasi.
  2. Perjanjian bersifat sederhana yang dibuat melalui dua tahap, yaitu perundingan dan penandatanganan (biasanya digunakan untuk persetujuan/agreement).
Berdasarkan Sifat Pelaksanaan Perjanjian
  1. Perjanjian yang menentukan (dispositive treaties) ialah suatu perjajian yang maksud dan tujuannya dianggap sudah tercapai sesuai isi perjanjian itu. sebagai contoh, perjanjian tentang tapal batas negara, penyerahan wilayah kedaulatan, dan sebagainya.
  2. Perjanjian yang dilaksanakan (executory treaties) ialah perjanjian yang pelaksanaannya tidak hanya sekali, tetapi dilanjutkan secara terus menerus, selama jangka waktu perjanjian berlaku. Contoh: perjanjian dagang.
Itulah tadi sedikit materi yang bisa saya sampiakan tentang Macam-Macam dan Contoh Perjanjian Internasional semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda,
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
100% Gratis | No Spam | Email Terlindungi | Pemberitahuan Langsung dari Google
smart-edu
Tags :

Populer Lainnya : Macam-Macam dan Contoh Perjanjian Internasional

0 comments:

Post a Comment