Informasi Seputar Pendidikan

Neolitikum, Alat, Ciri Khusus dan Manusia pendukung

Hai kakak adek yang sedang baca!.....

Zaman Batu Muda (neolitikum)

Tahu gak kaka apa sih itu zaman batu muda?...

Zaman batu muda adalah zaman di mana zaman ini urutan yang paling muda di bandingkan zaman zaman lainnya. Zaman ini memiliki ciri khas yaitu alat alat yang di gunakan telah di asah lebih halus dan begitu juga bentuknya menjadi lebih baik dan sempurna, pertanian menetap, peternakan, dan pembuatan tembikar.zaman ini dikenal dengan bahan pembuatan alat dari tanah liat. Budaya ini berkembang dari aslant food gathering ke food producing.

Peninggalan yang paling menonjol dari neolitikum ialah kapak persegi da kapak lonjog. Perkembangna neolitikum menunjukkan penyebaran bangsa melayu Austronesia yang menghuni sebagian Indonesia seebagai bangsa yang ber emigra dari Asia tenggara

1). Peninggalan Budaya

Neolitikum berkembaang cepat karena adanya emigrant penduduk proto-melayu dari Cina, yunani, Asia tenggara yang masuk Indonesia yangmembawa kapak persegi, kebudayaan ini yang menyebar hampi ke seluruh Indonesia. Menurut R.soekmono, kebudayaan neolitikum inilah yang menjadi dasar adanya kebudayaan indoonesia.

Hasil kebbudayaan neolitikum:

a. kapak persegi

kapak persegi adalah kapak memanjang dengan penampa lintang yang berbentuk persegi panjang atau trapezium yang kebanyakan terbuat dari batu api atau kalsedon. Van Heine Galdern lah yang memeberi nama kapak itu menjadi kapak persegi.
kapak ini di temukan di bagian barat Indonesia yaitu Sumatra jawa dan balai, nemun tudak hanya di barat saja di Indonesia timur juga di temukan kapak pesegi yaitu di nusa tenggara, Maluku, dan kalimatan.
Neolitikum, Alat, Ciri Khusus dan Manusia pendukung

b. kapak lonjong

kapak lonjonga adalah kapak yang penampangya berbentuk lonjong atau bulat telur. Ada dua macam kapak lonjong yaitu kapak lonjong besar (walzenbeil) yang banyak di temukan di papau dan kapak lonjong kecil (keinbeil) yang banyak di temukan di kepulauan tanibar dan seram.
Neolitikum, Alat, Ciri Khusus dan Manusia pendukung

c. alat serpih

alat serpih di buat dengan cara di memukul bongkahan batu menjadi pecahan pecaha kecil dan ada yang di kerjakan lagi menjadi anak panah dan ujung tombak.

d. Gurdi dam pisau

banyak di temukan di kawasan tepi danau seperti danau kerinci jambi, danau bandung, danau Cangkuang dan masih banyak lagi

e. perhiasan

perhiasan ini dibuat dari batu mulia yang berbentuk gelang, kalung, manic-manik, dan anting anting terbuat dari batu indah, seperti agat, dan jaspis yang di temukan di tasikmalaya, Cirebon dan bandung.

f. gerabah

gerabah pada saat itu sagat berperan penting karena di gunakan untuk wadah atau tempat, banyak di temukan di bukit karang Sumatra, bukit-bukit pasir patai selatan jawa, yogjakarta, pacitan banyuwangi, tangerang, Sulawesi tenggara.
Neolitikum, Alat, Ciri Khusus dan Manusia pendukung

2). Manusia pendukung

Manusi pendukung kapak persegi ialad penduduk proto melayu yang datang ke Indonesia menggunakan perahu bercadik sekitar 2000 tahun lalu, sekarang termasuk ras proto-melayu adalahvsuku sasak, batak, dayak,dan toraja. Sedangkan manusia pendukung kapak lonjong ialah indonesi bagian timur adalah ras papua melanesoid.

Bagaimana pakah kalian sudah mengeri? Ku harap sudah

Semoga panjelasan dari zaman neolitikum yag sudah saya sampaikan bermanfaat sekia dan terimakasih
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
100% Gratis | No Spam | Email Terlindungi | Pemberitahuan Langsung dari Google
smart-edu
Tags :

Populer Lainnya : Neolitikum, Alat, Ciri Khusus dan Manusia pendukung

0 comments:

Post a Comment