Informasi Seputar Pendidikan

Mesolitikum besrta Contoh dan Penemuya

Hai kakak adek yang sedang baca!...

Pada saat kita kelas X di MA atupun SMA tepatnya di semester genap pasti ada mata pelajaran yang menyinggung tentang yang di sebut dengan zaman batu madya atau juga batu tengah (mesolitikum/mesolitik). Nah untuk kalian yang sedang kebingungan tentang pelajaran tersebut baca nih artikel Mesolitikum besrta contoh dan penemuya pasti deh kalian gak akan nyesel baca ni artikel karena bermanfaat benget jujur ya saya itu sangat suka sekali pelajaran sejarah yang berkaitan zaman praaksara karena itu mengasikkan kita bisa membayagkan keadaan pada saan zaman purba dulu WOW bangetkan. Dari pada kelamaan basa basinya langsung saja yuk kita baca dan pahamin tek artikel di bawah ini!.

Mesolitikum besrta Contoh dan Penemuya

ZAMAN BATU


Pada artikel sebelumnya yang menjelaskan tenntang zaman batu dan zaman batu tua yang sudah saya terngakan secara merata dan akurat dan sekarang saatnya kita menginjak tentang zaman madya (mesolitikum).

ZAMAN BATU MADYA/BATU TENGAH (MESOLITIKUM)


Pada saan zaman batu ini berlangsung pada zaman holosel. Zaman ini berlangsung sangatlah cepat di bandingkan dengan zaman paleolitikum karena pada zaman batu ini pendukung zaman batu tua ini adalah Homo sapiens (manusia cerdas) serta keadaan bumu saat itutidak seliar pada zaman batu sehingga pada 20.000 tahun manusi telah mencapai tingkat kebudayaan yang lebih tinggi

Namun alat alat zaman batu masih sering di pakai bahkan sampai saat ini. Zaman batu madya dikembangkan dan mendapat pengaruh dari budaya asia sehingga muncul corak tersendiri

1). Peninggalan

a. kebudayaan tulang sampuh (sampung bone culture)

kenapa di namakan kebudayaan tulang karena alat alat yang di temukan sebagian besar dari tulang maka di naman sampung bone culture abris sous roche adalah gua gua pada zaman batu madya tepatya di kebudayaan tulang sampuh yang di gunakan sebagai tempat tinggal. Pada tahun 1928-1931 Van Stein Callenfeils mngadakan penelitian pertama terhadap gua ini di Gua lawa, sampung, ponorogo jawa timur

hasil keudayaan yang ditemukan di Gua ini di antaranya :


  1. mata panah
  2. flake
  3. batu batu penggiling
  4. alat alat dari tulang dan tanduk


dan juga di temukan fosil manusi papua Malanesoid (nenek moyang bangsa papua malanesoid)

alat alat itu juga di temukan di besuki jawa timur oleh van hekren



b. Kebudayaan Toala (flake Culture)

Fritz Sarasin dan paul Sarasin dari suwis mengadakan peelitian 1893-1896 Gua lamoncong Sulawesi selatan yang masih didiami suku toala dan mereka barhasil menemukan:


  1. Flake
  2. Mata panah bergerigi
  3. Alat alat tulang


Alat alat yang merupai alat toala juga di temukan di Ntt, flores, roti dan timor tengah sedangkan di bandung telah di temukan flake terbuat dari obsidian (batu hitam yang indah).



c. Kebudayaan kapak genggam Sumatera (pebble culture)

Di sepanjang pesisir Sumatra timur laun, langsang(aceh) sampai medan adalh bekas tempat tinggal manusia zaman batu madya, berupa tumpukan kulit kerang yang disebut sampah dapur (kjokkenmoddinger) kjokken= dapur moddinger=sampah yang dan oleh Van Stein Callenfeils juga menemukan pebble, batu penggiling, alu, kapak pendek (hache courte), dan pisau batu



2). Manusi Pendukung

Manusi pendukung mesolitikum adalah manusia dari ras papua melanesoid

Menurut Sarsin penduduk toala diperkirakan dulunya adalah nenek moyang suku toala yang sekarangjuga keturunan bangsa wedda sri langka.


baca juga: paleolitikum besrta contoh dan manusia pendukung


Aduh udah capek ngantuk dah dunlu ya semoga artikel zaman batu madya yang sudah saya sampaikan berman faat untuk kalian yang membaca sekian dari saya dan terimakasih….
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
100% Gratis | No Spam | Email Terlindungi | Pemberitahuan Langsung dari Google
smart-edu
Tags :

Populer Lainnya : Mesolitikum besrta Contoh dan Penemuya

0 comments:

Post a Comment