Informasi Seputar Pendidikan

Kerugian, Contoh, Dan Cara Menghindari Perilaku Diskriminasi

Diskriminasi merujuk kepada pelayanan yang tidak adil terhadap individu tertentu, di mana layanan ini dibuat berdasarkan karakteristik yang diwakili oleh individu tersebut. Diskriminasi merupakan suatu kejadian yang biasa dijumpai dalam masyarakat manusia, ini disebabkan karena kecenderungan manusian untuk membeda-bedakan yang lain. Dalam materi kali ini saya akan membahas tentang Kerugian, Contoh, Dan Cara Menghindari Perilaku Diskriminasi selengkapnya silahkan baca disini.
Perilaku Diskriminasi

Diskriminasi adalah sikap perilaku pilih kasih atau pandang bulu atas dasar suka dan tidak suka sesuai kehendak hatinya tanpa menghiraukan perasaan orang yang disikapinya. Islam melarang umatnya berperilaku diskriminasi baik kepada sesamanya maupun kepada makhluk-makhluk Allah Swt. Lainnya.

Kerugian, Contoh, Dan Cara Menghindari Perilaku Diskriminasi


Allah Swt. Memerintahkan untuk selalu bersikap adil tidak membedakan perlakuan meskipun terhadap kerabat. Perhatikan firman Allah Swt. Dalam Quran surah Al-Maidah, 5: 7-8 yang artinya

Dan ingatlah nikmat Allah atas kamu dan perjanjian-Nya yang telah diikat-Nya dengan kamu, ketika kamu mengatakan, “kami dengar dan kami taati”. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha mengetahui isi hati. 8) (kebenaran) karena Allah, (ketika) menjadi saksi dengan adil. Dan janganlah sekali-kali kebencian kamu terhadap suatu kaum mendorong kamu untuk berlaku tidak adil. Berlaku adil karena adil itu lebih dekat kepada takwa. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan. (Q.S. Al-maidah, 5: 7-8)

Kerugian Akibat Sifat Diskriminasi

Sifat diskriminasi menunjukkan sikap dan pikiran yang sempit sehingga menimbulkan kerugian-kerugian yang besar baik terhadap diri sendiri maupun kepada orang lain, yaitu sebagai berikut.
  • Mengakibatkan putusnya komunikasi antara keduanya.
  • Memutuskan ukhuwah Islamiyah (tali persaudaraan).
  • Menimbulkan persaingan yang tidak baik
  • Menimbulkan permusuhan antara keduanya.
  • Menghambat kemajuan imtaq dan iptek
Contoh Perilaku Diskriminasi

Berikut beberapa contoh perilaku diskriminasi.
  1. Tidak memberikan pelayanan yang sama dalam hal yang menjadi hak umum.
  2. Memandang orang lain dari suka atau tidak suka sesuai kehendak hatinya.
  3. Bertujuan menjatuhkan harga diri orang lain.
  4. Menganggap orang lain lebbih rendah derajatnya daripada dirinnya.
  5. Memandang orang lain dari kedekatan emosional.
Menghindari Perilaku Diskriminasi

Berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar dapat menghindari sikap perilaku diskriminasi dalam kehidupan sehari-hari.
  1. Tanamkan keimanan yang kuat bahwa Allah Swt. Tidak membeda-bedakan umat-Nya kecuali dari segi ketakwaan.
  2. Jangan memandang dari segi materi, pangkat, ataupun jabatannya, sebab derajat manusia di sisi Allah Swt. Adalah sama.
  3. Tanamkan keyakinan bahwa menyakiti hati orang lain adalah dosa, dan kelak akamn mendapat akibat/balasan dari perbuatan tersebut.
  4. Pandanglah bahwa semua orang adalah saudara, sahabat, dan kawan yang baik sehingga tidak ada keinginan untuk bersikap pilih kasih terhadap mereka.
  5. Mulailah membiasakan diri menghindari sikap perilaku diskriminasi terhadap orang lain agar kelak Anda menjadi anak yang bijak dan banyak sahabat.
Itulah tadi sedikit informasi yang bisa saya sampaikan tentang Kerugian, Contoh, Dan Cara Menghindari Perilaku Diskriminasi semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda.
Author: Uswatun Nakiyah Title: Kerugian, Contoh, Dan Cara Menghindari Perilaku Diskriminasi Rating: 4.5
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
100% Gratis | No Spam | Email Terlindungi | Pemberitahuan Langsung dari Google
smart-edu
Tags :

Populer Lainnya : Kerugian, Contoh, Dan Cara Menghindari Perilaku Diskriminasi

0 comments:

Post a Comment