Informasi Seputar Pendidikan

Pengertian Sosialisasi Politik Menurut Para Ahli dan Peran Pentingnya

Apakah anda sering membicarakan tentang sosialisasi politik dengan teman atau bahkan keluarga anda? Sebagian masyarakat menganggap itu tidak perlu untuk dibahas namun ada juga yang beranggapan bahwa semua itu penting untuk dipelajari. Lalu tahukah anda Pengertian Sosialisasi Politik Menurut Para Ahli dan Peran Pentingnya

Sosialisasi Budaya Politik

Untuk memahami pengertian sosialisasi politik, berikut bererapa pengertian yang dikemukakan oleh para ahli.
a. Gabriel A. Almond
Sosialisasi politik menunjuk kepada proses dimana sikap-sikap politik dan pola-pola tingkah laku politik diperoleh atau dibentuk dan juga merupakan sarana bagi suatu generasi untuk menyampaikan petokan-patokan politik dan keyakinan-keyakinan politik kepada generasi berikutnya.

b. Kenneth P. Langton
Sosialisasi politik adalah cara bagaimana masyarakat meneruskan kebudayaan politiknya.

c. Hyman
Sosialisasi politik merupakan cara-cara belajar seseorang terhadap pola-pola sosial yang berkaitan dengan posisi-posisi kemasyarakatan yang diketengahkan melalui berbagai macam badan masyarakat.

Pengertian Sosialisasi Politik Menurut Para Ahli dan Peran Pentingnya

d. Freed I Greenstein
Sosialisasi politik merupakan penanaman informasi, nilai-nilai, dan praktik-praktik politik yang sengaja dilakukan oleh badan-badan instruksional secara formal.

e. Michael Rush dan Phillip Althoof
Sosialisasi politik adalah proses bagaimana memperkenakan sistem politik pada seseorang dan bagaimana orang tersebut menentukan tanggapan serta reaksi-reaksinya terhadap gejala-gejala politik.

Peran dan Pentingnya Sosialisasi Politik

Sosialisasi memiliki peran vital dalam pengembangan budaya politik di suatu wilayah. Dengan adanya upaya sosialisasi politik yang intensif dan berkesinambung dalam masyarakat diharapakan dapat menumbuhkan kesadaran politik yang tinggi, baik masyarakat yang tinggal di perkotaan ataupun masyarakat yang tinggal di pedesaan yang terpencil sekaligus. selain itu sosialisasi politik juga penting guna meneruskan budaya politik dari satu generasi ke generasi berikutnya. Berikut adalah pentingnya sosialisasi budaya politik.

  • Menanamkan nilai-nilai dan norma-norma pada masyarakat.
  • Mengenalkan visi dan misi partai politik pada masyarakat.
  • Mengenalkan rencana-rencana/program pemerintah kepada rakyat sebelum menjadi suatu kebijakan/keputusan.
  • Meningkatkan kualitas partisipasi rakyat dalam pemerintahan.
  • Memperkaya pengetahuan, pemahaman, serta penghayatan rakyat dalam dunia perpolitikan.
  • Meningkatkan frekuensi keterlibatan rakyat dalam pemerintahan.

Proses Sosialisasi Budaya Politik

Dalam proses sosialisasi politik, kita mengenal adanya dua jalur yaitu sebagai berikut.
a. Sosialisasi Politik Horizontal
Sosialisasi politik horizontal adalah suatu proses dimana individu dipengaruhi oleh institusi-institusi masyarakat yang ada dalam tingkatan yang sama dengan individu tersebut. Contoh: teman kerja, teman sekolah, atau teman bermain.

b. Sosialisasi Politik Vertikal
Sosialisasi politik vertikal adalah suatu proses dimana individu-individu dipengaruhi oleh institusi-institusi masyarakat yang memiliki tingkatan yang berbeda, searah, ataupun timbal balik.
Contoh: atasan kepada bawahan atau pemerintah kepada rakyat.

Jika ditinjau dari metode penyampaian pesan yang dilakukan, sosialisasi politik dibedakan menjadi dua yaitu sebagai berikut.
a. Pendidikan Politik
Pendidikan politik merupakan proses dialogis antara pemberi dan penerima pesan,. Melalui pendidikan politik, masyarakat memahami serta mempeajari nilai-nilai, norma-norma, dan simbol-simbol politik negaranya. Proses ini dilakukan dalam upaya pemahaman, penghayatan, pengamatan, dan pengamalan nilai, norma, serta simbol politik. Contoh pendidikan politik adalah diskusi, seminar, kursus, latihan kepemimpinan, aktif dalam organisasi dan lain-lain.

b. Indoktrinasi Politik
Proses indoktrinasi politik merupakan cara atau proses penurun nilai-niai/budaya politik yang dilakukan secara sepihak. Biasanya indoktrinasi politik dilakukan penguasa/pemimpin dengan cara memanipulasi masyarakat agar bersedia menerima nilai, norma, serta simbol yang dianggap baik oleh para penguasa. Proses ini dilakukaan misalnya dengan latihan yang penuh disiplin, partai politik dalam sistem politik-politik otoriter, pengarahan yang penuh paksaan psikologis, dan lain-lain.

demikian informasi yang bisa saya sampaikan tentang Pengertian Sosialisasi Politik Menurut Para Ahli dan Peran Pentingnya semoga bermanfaat dan menambah wawasan bagi anda yang membaca artikel ini.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
100% Gratis | No Spam | Email Terlindungi | Pemberitahuan Langsung dari Google
smart-edu
Tags :

Populer Lainnya : Pengertian Sosialisasi Politik Menurut Para Ahli dan Peran Pentingnya

0 comments:

Post a Comment