Informasi Seputar Pendidikan

Pengklasifikasian Demokrasi dari Berbagai Sudut Pandang

Demokrasi merupakan salah satu isu penting di dunia, terutama di negara-negara berkembang yang sedang berupaya mengembangkan sistem demokrasi. Namun tahukah anda penggolongan demokrasi yang ada di seluruh dunia ini. Nah, pasti banyak dari anda yang belum tahu. Disni saya telah menuliskan sedikit artikel tentang Pengklasifikasian Demokrasi dari Berbagai Sudut Pandang untuk anda yang ingin tahu bisa baca disini, selamat membaca.

Penggolongan Demokrasi

Penggolongan demokrasi dapat dilihat dari beberapa sudut pandang yaitu sebagai berikut.
a. Dilihat dari Cara Penyaluran Kehendak Rakyat

  1. Demokrasi langsung (direct democracy) bahwa rakyat secara langsung dapat membicarakan dan menentukan suatu urusan politik kenegaraannya.
  2. Demokrasi perwakilan/tidak langsung (representative democracy) bahwa aspirasi rakyat disalurkan melalui wakil-wakilnya yang duduk di lembaga perwakilan rakyat (parlemen).
  3. Demokrasi sistem referendum bahwa rakyat memilih wakil-wakilnya yang duduk di parlemen tetapi dalam melaksanakan tugasnya, parlemen dikontrol oleh rakyat melalui sistem referendum.

b. Dilihat dari Dasar atau Paham Ideologi yang Dianut

  1. Demokrasi liberal atau konstitusional, merupakan paham demokrasi dengan menitik beratkan pada ideologi liberalis yang cenderung pada kebebasan individu atau perseorangan. Dalam demokrasi liberal, kebebasan hak-hak politik rakyat dijamin, tapi pemerataan bidang ekonomi kurang diperhatikan.
  2. Demokrasi rakya/proletariat (komunis), merupakan paham demokrasi yang cenderung kepada kepentingan umum (dalam hal ini negara) sehingga hak-hak politik rakyat dan kepentingan perseorangan kurang diperhatikan.
  3. Demokrasi pancasila, merupakan ciri khusus demokrasi Indonesia yaitu paham demokrasi yang dijiwai dan diintegrasikan dengan nilai-nilai luhur budaya dan kepribadian bangsa Indonesia yaitu pancasila.
Pengklasifikasian Demokrasi dari Berbagai Sudut Pandang


c. Dilihat dari Perkembangan Paham

  1. Demokrasi klasik, ialah paham demokrasi yang menitikberatkan pada pengertian politik kekuasaan atau politik pemerintahan negara.
  2. Demokrasi modern, ialah paham demokrasi yang tidak hanya mencakup bidang politik saja, tetapi juga bidang ekonomi, sosial, budaya, dan mewujudkan kesejahteraan rakyat.

d. Dilihat dari Titik Perhatian dan Tujuan

  1. Demokrasi materiel, yaitu demokrasi yang menitikberatkan pada upaya menghilangkan perbedaan di bidang ekonomi. Adapun persamaan dalam bidang politik sering di hilangkan. Demokrasi ini biasanya dianut oleh negara-negara komunis.
  2. Demokrasi formal, yaitu demokrasi yang menjunjung tinggi persamaan dalam bidang politik tanpa disertai adanya upaya untuk mengurangi atau menghilangkan kesenjangan ekonomi yang berlangsung dalam masyarakatnya. Demokrasi ini biasanya dianut oleh negara-negara liberal.
  3. Demokrasi gabungan/campuran, yaitu demokrasi yang menggabungkan kebaikan demokrasi formal dan liberal serta menghilangkan keburukan demokrasi liberal dan materiel. Demokrasi ini biasanya dianut oleh negara-negara nonblok.
Itulah tadi sedikit informasi yang bisa saya berikan tentang Pengklasifikasian Demokrasi dari Berbagai Sudut Pandang semoga menambah wawasan anda dan berguna bagi anda semua yang membaca artikel ini.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
100% Gratis | No Spam | Email Terlindungi | Pemberitahuan Langsung dari Google
smart-edu
Tags :

Populer Lainnya : Pengklasifikasian Demokrasi dari Berbagai Sudut Pandang

0 comments:

Post a Comment