Informasi Seputar Pendidikan

Pengertian dan Pemahaman Budaya Politik Menurut para Ahli

Apakah anda sering membicarakan tentang politik dengan teman atau bahkan orang tua? Sebagian masyarakat menganggap bahwa politik tidak perlu di bahas atau bahkan di pelajari karena tidak berhubungan dengan kehidupan pribadi mereka. Namun tidak sedikit pula masyarakat yang beeranggapan bahwa masalah politik harus dan perlu di pelajari karena menyangkut kehidupan mereka sehari-hari. Nah sekarang tahukah anda tentang Pengertian dan Pemahaman Budaya Politik Menurut para Ahli untuk lebih jelasnya silahkan baca disini.

1. Pengertian Budaya Politik Menurut Para Ahli

Budaya politik merupakan salah satu unsur budaya nasional. Budaya politik yang selaras dengan kehidupan politik suatu bangsa dapat menciptakan kematangan budaya politik. Berikut pengertian budaya politik menurut para ahli.

a. Miriam Budiardjo
Budaya politik adalah keseluruhan dari pandangan-pandangan politik, seperti norma-norma, pola-pola orientasi terhadap politik, dan pandangan hidup pada umumnya.

b. Almond dan Powell
Budaya politik merupakan suatu konsep ang terdiri dari sikap, keyakinan, nilai-nilai, dan ketrampilan yang sedang berlaku bagi seluruh anggota masyarakat termasuk pola kecenderungan-kecenderungan khusus serta pola-pola kebbiasaan yang terdapat pada kelompok-kelompok dalam masyarakat.

c. Austin Ranney
Budaya politik adalah seperangkat pandangan tentang politik dan pemerintahan yang dipegang bersama-sama sebuah pola orientasi terhadap objek-objek politik.

d. Dennis Kavanagh
Budaya politik dapat diartikan sebagai pernyataan untuk menyatakan lingkungan perasaan dan sikap di mana sistem politik itu berlangsung.

e. Samuel Beer
Budaya politik adalah nilai-nilai keyakinan dan sikap-sikap emosi tentang bagaimana pemerintah seharusnya dilaksanakan dan tentang apa yang harus dilakukan oleh pemerintah.

2. Pemahaman tentang Budaya Politik secara Teoris

Untuk mempermudah pemahaman tentang budaya politik secara teoris, berikut beberapa hal yang dapat dijadikan pedoman.
a. Budaya politik adalah aspek politik dari nilai-nilai yang terdiri dari pengetahuan, adat istiadat, takhayul, dan mitos. Semuanya dikenal dan diakui oleh sebagian besar masyarakat. Budaya politik tersebut memberikan alasan rasional untuk menolak atau menerima nilai dan norma lain.

b. Budaya politik dapat diliat dari aspek doktrin dan aspek generiknya. Aspek doktrin menekankan pada isi atau materi seperti, sosialisme, demokrasi, atau nasionalisme, sedangkan aspek generik menganalisis bentuk, peranan, dan ciri-ciri budaya politik, seperti militan, utopis, terbuka, dan tertutup.

Pengertian dan Pemahaman Budaya Politik Menurut para Ahli

c. Hakikat dan ciri budaya politik yang menyangkut masalah nilai-nilai adalah prinsip dasar yang melandasi suatu pandangan hidup yang berhubungan dengan masalah tujuan.

d. Bentuk budaya politik menyangkut sikap dan norma, yaitu sikap terbuka dan tertutup, tingkat militansi seseorang terhadap ornag lain dalam pergaulan masyarakat, pola kepemimpinan (konformitas atau mendoronng inisiatif kebebasan), sikap terhadap mobilitas (mempertahankan status quo/keadaan yang ada atau mendorong mobilitas), dan prioritas kebijakan (menekankan ekonomi atau politik)


Demikian informasi yang bisa saya sampaikan tentang Pengertian dan Pemahaman Budaya Politik Menurut para Ahli semoga bermanfaat bagi anda dan dapat menambah wawasan terimakasih
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
100% Gratis | No Spam | Email Terlindungi | Pemberitahuan Langsung dari Google
smart-edu
Tags :

Populer Lainnya : Pengertian dan Pemahaman Budaya Politik Menurut para Ahli

0 comments:

Post a Comment