Informasi Seputar Pendidikan

Kumpulan Contoh Pidato Perpisahan Sekolah Kelas 6 SD/MI

Contoh Pidato Perpisahan Sekolah Kelas 6 - Karena postingan kali ini ada beberapa kumpulan contoh pidato perpisahan, maka sebaiknya memang cukup singkat, padat dan jelas saja agar tidak terlalu panjang. Sehingga cocok untuk digunakan oleh kelas 6 SD/MI.

Untuk anak kelas 6 SD atau Mi agar mau tampil di depan para hadirin saja sudah bagus, apalagi jika pidato yang disampaikan juga bagus. Jadi silakan contoh kumpulan naskah pidato berikut ini nanti dijadikan sebagai referensi saja, silakan diedit dan disesuaikan dengan kondisi lingkungan sekolah masing-masing.

Pidato Perpisahan Sekolah Kelas 6 SD/MI

Sudah menjadi bagian dari rutinitas sebuah lembaga pendidikan, bahwa setiap tahunnya akan ada acara perpisahan untuk melepas siswa siswa sekolah yang akan lulus dan melanjutkan studinya di jenjang yang lebih tinggi baik SMP/MTs, SMA/MA, ataupun SMK atau Kejuruan lainnya.

Cukup untuk sambutannya ya, ini bukan pidato tapi hanya sebuah postingan. Jadi tak perlu panjang lebar juga. hehe ^_^

Contoh Pidato Perpisahan Sekolah Kelas 6

Teruntuk buat kamu siswa siswi SD/MI, yang mungkin nantinya ditunjuk sebagai perwakilan untuk memberikan sambutan pidato perpisahan kelas 6 silakan persiapkan materi utamanya ya. Jika sudah silakan sempurnakan dan sesuaikan dengan contoh contoh pidato berikut ini. Semoga bermanfaat.

Baiklah.. langsung saja. Berikut ini adalah kumpulan contoh  teks pidato perpisahan sekolah kelas 6. Silakan dimanfaatkan ^_^

Kumpulan Contoh Pidato Perpisahan Sekolah Kelas 6 SD MI Singkat Padat Jelas



Contoh Pertama | sumber pintarpidato[dot]blogspot[dot]co[dot]id

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Kepada yang kami hormati Bapak Kepala Sekolah beserta wakil
Yang kami hormati Wali Kelas 6 tercinta
Yang kami hormati semua Bapak/Ibu Dewan guru
Yang kami hormati semua Bapak/Ibu wali murid
Terkhusus kepada kepada kedua orang tua kami...

Ijinkanlah kami ini, berada di hadapan Bapak/Ibu sekalian untuk mengungkapkan sepatah dua patah kata. Bukan berarti kami adalah yang terbaik, tapi karena tuntutan dari rekan2 kelas 6, maka kami berada di hadapan Bapak/Ibu dan rekan-rekan semua.

Segala puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Allah subhanahu wataala, atas segala limpahan rahmat dan karunianya. Nikmat yang tak terhingga kepada kita semua, sehinggga kita bisa berada di tempat ini dalam keadaan sehat wal afiat.

Sholawat dan salam juga semoga senantiasa tercurah kepada Nabi Muhammad shallalllahu 'alaihi wasallam, keluarga, sahabat, dan pengikutnya yang setia dengan ajaran yang beliau bawa hingga akhir jaman. Amin.

Tiada gading yaang tidak retak. begitupun dengan apa yang akan kami sampaikan nanti. Pasti akan banyak kesalahan dan kehilafan. Untuk itu, mohon maafkan dan maklumi kami.

Dalam kesempatan ini, ijinkanlah kami menyampaikan beribu ucapan terima kasih kepada Bapak dan Ibu dewan guru semua. Berkat bimbingan Bapak dan Ibu sekalian, kami bisa menjadi seperti ini. Bisa membaca, bisa menulis, bisa menghitung dan bisa belajar untuk menjadi manusia yang sesungguhnya.

Dengan telatennya, engkau membimbing kami. Tiada ada kata bosan. Selalu sabar menghadapi tingkah polah kami yang kadang membuat jengkel. Maafkan kami. Jasa kalian tidak akan pernah kami lupakan sepanjang hidup kami. Tanpa bimbingan kalian semua, apalah arti diri kami semua.

Untuk teman-temanku semua, ini adalah hari perpisahan kita di SD ini. Berat rasanya memang. Setiap hari kita selalu bersama. Bermain bersenda gurau. Tertawa. Bercanda. Sungguh, semua kenangan itu tidak akan pernah terlupakan.

Walaupun hari ini kita berpisah, marilah tetap kita jaga persaudaraan ini hingga kapanpun. Kalian semua adalah teman-teman terbaik.

Kepada Bapak dan Ibu Orang tua dan wali murid sekalian. Inilah anakmu. Dengan segala kelebihan dan kekurangannya disana-sini. Bimbinglah kami dengan sabar dan tiada henti. Kami masih haus bimbinganmu. Kami masih haus kasih sayangmu. Didiklah kami sehingga menjadi anak yang berbakti kepada orang tua, agama, bangsa dan negara.

Demikianlah pidato singkat perpisahan sekolah di kelas 6 ini, semoga kita bisa memetik hikmah dari apa yang kami sampaikan. Kami akhiri,

Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh.

Contoh Kedua | sumber bimbelbahasaindonesia[dot]com

Assalamu’alaikum Warrohmatullah Wabarokatuh

Alhamdulillahirobbil ‘alamin, Waasholatuashalamu’ala ashrofil ‘ambiyaiwalmursalin Waa’ ala alihi wasohbihi ajma’in. Ammaba’du

Yang saya hormati Bapak kepala sekolah SD 01 Metro Pusat
Yang saya hormati Bapak kepala Dinas Pendidikan atau yang mewakili beserta staf
Yang saya hormati Bapak Ibu dewan guru
Yang saya hormati Bapak ibu wali murid yang hadir
Dan teman-teman yang saya sayangi dan saya banggakan

Puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Allah swt zat yang memberikan berbagai nikmat dan rezeki yang tidak bisa kita hitung dan kita bandingkan dengan hal lain. Dialah Allah yang telah memberikan kita nikmatnya iman dan indahnya Islam, dan Allah juga yang telah memberikan nikmat pada sebuah pertemuan dan perpisahan.

Shalawat beserta salam mari senantiasa kita hadiahkan kepada junjungan Nabi Muhammad saw. Sebagai suri tauladan seluruh umat, dialah yang telah mengajarkan kita semua tentang kebaikan dengan ketauladanannya, sehingga kita sebagai umatnya selalu dimuliakan dan dibedakan dari umat-umat sebelumnya. Selain itu dialah yang telah memberikan kita keterangan dari kegelapan dunia yang menyesatkan dan syafaatnya lah yang kita tunggu-tunggu di yaumil akhir nanti.

Bapak dan ibu guru yang saya hormati
Mungkin ini adalah hari terakhir kami di sini setelah enam tahun bangunan ini menjadi rumah kedua kami. Tetapi itu bukan alasan untuk kami melupakan segala jasa-jasa dan kebaikan-kebaikan mu kepada kami hingga detik ini. Sangat banyak sesuatu yang telah bapak dan ibu guru berikan untuk kami, tak hanya ilmu, namun banyak sekali hal yang tak dapat kami sebutkan satu persatu tentang kebaikan kalian agar kami memiliki masa depan yang lebih berarti.

Bapak dan ibu guru tercinta
Saya di sini mewakili seluruh teman-teman kelas 6 ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas semua yang telah Bapak dan Ibu guru berikan kepada kami selama ini. Kami sadar kami tak mampu membalas semua jasa bapak dan ibu guru tapi kami yakin Allah maha tahu, semoga semua yang bapak Ibu guru berikan, dicatat dan dijadikan amal kebaikan serta amal ibadah di sisi Allah swt. Amin......

Bapak dan Ibu guru,
Pada kesempatan kali ini ini pula saya mewakili teman-teman semua ingin memohon maaf apabila selama kami berada di sekolah ini, tingkah laku dan kejahilan kenakalan-kenakalan yang kami anggap candaan baik secara sengaja maupun tidak sengaja telah menyakiti hati bapak dan ibu guru kami sangat berharap bapak dan Ibu guru mau memaafkan segala bentuk perbuatan kami tersebut.

Untuk adik-adikku yang saya banggakan.
Saya disini hanya bisa berpesan kepada adik-adik kelas untuk belajarlah dengan baik dan sungguh-sungguh, tuntutlah ilmu sebanyak-banyaknya dan jangan buang waktu kalian dan juga jangan sampai diri kalian menyesal pada suatu saat nanti. Pesan yang tak kalah penting juga, hormatilah orang tua kalian disekolah dan patuhlah kepada mereka karena pada dasarnya mereka adalah orang-orang yang ingin membawa kita kehidupan yang lebih baik lagi.

Sebelum saya menutup pidato ini, saya memiliki sepenggal pantun yang mungkin layak untuk didengarkan,

Hati gembira dengan teman
Bersuka cita di bawah jambatan
Jika kita masih di izinkan Tuhan
Kita pasti bertemu dihari kemudian
Kiranya cukup sampai disini, jika ada salah-salah kata saya mohon maaf dan kepada Allah saya mohon ampun. Saya akhiri dengan Wabillahitaufik walhidayah.

Wassalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh

Contoh Ketiga | sumber bimbelbahasaindonesia[dot]com

Assalamualaikum Warrohmatullah Wabarokatuh

Selamat pagi dan salam sejahtera buat kita semua

Kepada yang terhormat Bapak Zainal Abidin selaku kepala sekolah SD Negeri 1 Metro Pusat
Yang saya hormati Bapak Andi arif Ramadhan selaku wakil kepala sekolah
Yang saya hormati bapak dan ibu dewan guru SD Negeri 1 Metro Pusat
Dan seluruh teman-teman kelas 6 serta adik-adik kelas yang saya banggakan

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan nikmat kepada kita semua terutama nikmat kesehatan sehingga kita dapat berkumpul di acara perpisahan siswa-siswi SD Negeri 1 Metro Pusat dalam keadaan sehat dan tanpa kurang satu apapun. Tak lupa pula shalawat dan salam mari kita sampaikan kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarga, sahabat, dan seluruh umatnya. Semoga kita dapat selalu menauladani beliau hingga akhir hayat dan memperoleh syafaatnya di hari akhir kelak. Amiin....

Para hadirin yang saya hormati,

Pertama-tama saya mengucapkan terima kasih kepada teman-teman yang telah mempercayai saya untuk menyampaikan sepatah dua patah kata dengan berdiri disini. Pada hari yang berbahagia ini saya sangat senang dan juga sangat sedih karena saya beserta teman-teman kelas 6 akan meninggalkan sekolahan yang telah menjadi rumah kita selama 6 tahun lamanya. Setiap ada pertemuan pasti ada perpisahan namun setiap ada yang hilang pasti akan tergantikan begitu seterusnya. Namun saya sangat berharap bapak dan ibu tak akan melupakan kita meskipun pada akhirnya siswa dan siswi akan terus bergantian hadir disini menggantikan kita semua.

Bapak dan Ibu guru yang saya hormati,

Pada kesempatan ini, kami juga ingin menyampaikan banyak terimakasih kepada bapak dan ibu guru yang selama ini telah memperjuangkan kami dan mendidik kami selama 6 tahun dari yang tak bisa membaca jadi mahir membaca, dari yang tak  bisa menghitung jadi pandai menghitung dan saat ini kami telah menjadi pribadi yang lebih baik karena jasa dari bapak dan ibu guru. Selama ini mungkin kami mengabaikan rasa sayang kalian kepada kami, namun di dalam hati kecil kami, kami sadar bahwa kalian adalah orang-orang yang sangat sayang kepada kami bahkan rela mengorbankan banyak waktu hanya untuk mendidik kami dan mengeluarkan kami dari jurang kebodohan.

Selain kata terimakasih yang tak henti-hentinya, kami juga meminta maaf yang sebesar-besarnya kepada Bapak dan Ibu guru atas semua kelakuan dan tingkah laku kami yang kurang berkenan selama kami berada disini. Mungkin kami sering membuat Bapak dan Ibu guru kesal, marah dan geram karena sikap kami, sekali lagi kami mohon maaf yang sebesar-besarnya. Jasa kalian tak kan pernah terlupakan sepanjang hayat kami karena tanpa kalian kami bukanlah siapa-siapa.

Adik-adik kelas dan teman-teman seperjuangan yang saya banggakan,

Tak akan lupa, kami untuk berpesan kepada adik-adik kelas untuk belajar dengan giat dan berprestasi untuk membanggakan orang tua, guru dan sekolah serta gantungkanlah cita-cita kalian setinggi-tingginya. Patuhilah ayah dan ibu kalian dirumah dan juga ayah dan ibu kalian disekolah, karena tanpa mereka kita semua tak akan menjadi seperti sekarang ini.

Untuk teman-teman kelas 6 yang saya banggakan, pencapaian kita hingga detik ini bukanlah pencapaian melainkan proses awal menuju kesuksesan. Oleh karena itu saya mengingatkan agar kita terus berjuang agar menjadi pribadi yang lebih baik dan lebih baik kedepannya. Selain itu, kita juga harus tetap giat belajar dan bersemangat dalam menggapai prestasi karena kewajiban kita adalah belajar, belajar dan belajar agar orang tua dan orang-orang disekeliling kita dapat bangga terhadap kita.

Demikian akhir dari pidato yang bisa saya sampaikan. jika ada kesalahan selama saya menyampaikan pidato ini mohon maaf. Kalau ada sumur di ladang bolehlah menumpang mandi, Kalo ada umur yang panjang kita pasti akan berjumpa lagi. Atas segala perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

Wassalamualaikum wr. wb.


Demikian, tidak perlu panjang lebar lagi, singkat padat dan jelas saja kan. Silakan langsung edit dan modifikasi contoh pidato perpisahan sekolah kelas 6 SD/MI diatas, kemudian praktek. Karena jika hanya dibaca saja, maka tidak ada artinya dan ilmunya akan lupa. Okey, semoga bermanfaat. Silakan bagikan ke teman-teman lainnya. Terima kasih.
Author: Man Oim Title: Kumpulan Contoh Pidato Perpisahan Sekolah Kelas 6 SD/MI Rating: 4.5
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
100% Gratis | No Spam | Email Terlindungi | Pemberitahuan Langsung dari Google
smart-edu
Tags :

Populer Lainnya : Kumpulan Contoh Pidato Perpisahan Sekolah Kelas 6 SD/MI

0 comments:

Post a Comment