Informasi Seputar Pendidikan

Pengertian, Fungsi, dan Proses Terjadinya Fotosintesis

Kali ini, admin akan menjelaskan mengenai biologi yaitu Pengertian, Fungsi, dan Proses Terjadinya Fotosintesis. Silahkan di baca artikel di bawah ini.

1. Pengertian Fotosintesis

Fotosintesis yaitu proses pembuatan molekul makanan berenergi tinggi dari komponen yang lebih sederhana, yang dilakukan oleh tumbuhan autotrof (tumbuhan yang dapat membuat makanan sendiri). Fotosintesis berasal dari kata foton yang artinya “cahaya” dan sintesis yang artinya “penyusun”, jadi fotosintesis juga bisa diartikan dengan proses biokimiawi yang dilakukan oleh tumbuhan untuk menghasilkan energi (nutrisi) dengan memanfaatkan energi cahaya.

Organisme fotosintesis disebut fotoautotrof karena mereka dapat membuat makanannya sendiri. Pada tanaman, alga, dan cyanobacteria, fotosintesis dilakukan dengan memanfaatkan karbondioksida dan air serta menghasilkan produk buangan oksigen. Fotosintesis juga penting bagi semua kehidupan aerobik di Bumi karena selain untuk menjaga tingkat normal oksigen di atmosfer, hampir semua kehidupan di Bumi juga membutuhkan sumber energi fotosintesis, baik secara langsung (melalui produksi primer) maupun tidak langsung (sebagai sumber utama energi dalam makanan mereka).

2. Fungsi Fotosintesis

Fotosintesis juga mempunyai fungsi sebagai berikut :
  1. Fungsi utama fotosintesis untuk memproduksi zat makanan berupa glukosa. Glukosa menjadi bahan bakar dasar pembangun zat makanan lainnya, yaitu lemak dan protein dalam tubuh tumbuhan. Zat-zat ini menjadi makanan bagi hewan maupun manusia. Oleh karena itu, kemampuan tumbuhan mengubah energi cahaya (sinar matahari) menjadi energi kimia (zat makanan) selalu menjadi mata rantai makanan.
  2. Fotosintesis membantu membersihkan udara, yaitu mengurangi kadar CO2 (karbon dioksida) di udara karena CO2 adalah bahan baku dalam proses fotosintesis. Sebagai hasil akhirnya, selain zat makanan adalah O2 (Oksigen) yang sangat dibutuhkan untuk kehidupan.
  3. Kemampuan tumbuhan berfotosintesis selama masa hidupnya menyebabkan sisa-sisa tumbuhan yang hidup masa lalu tertimbun di dalam tanah selama berjuta-juta tahun menjadi batubara menjadi salah satu sumber energi saat ini.

 Pengertian, Fungsi, dan Proses Terjadinya Fotosintesis

3. Proses Fotosintesis


Dari gambar diatas maka dijelaskan dalam proses fotosintesis terdapat empat bahan yang harus dimiliki, yaitu:
  1. Karbohidrat (CO2) 
  2. Air 
  3. Cahaya Matahari 
  4. Klorofil 
Karbondikosida sendiri akan diambil oleh Stomata (mulut daun) pada bagian daun tumbuhan dari udara bebas, dan kemudian air diambil melalui akar tumbuhan & diangkut oleh komponen pengangkut pada tumbuhan, yang kemudian cahaya matahari akan diambil dalam bentuk energi oleh klorofil (zat hijau daun). Dan semua proses ini akan berlangsung membentuk suatu reaksi & menghasilkan Oksigen serta Glukosa.

Dan setelah terdapat glukosa pada tumbuhan, nutrisi ini selanjutnya akan diubah menjadi lemak, protein, & nutrisi lainnya. Jadi pada proses fotosintesis terjadi reaksi yang sangat kompleks, namun secara singkat reaksinya berlangsung seperti yang telah dijelaskan.

Itulah penjelasan saya mengenai Pengertian, Fungsi, dan Proses Terjadinya Fotosintesis. Semoga yang saya jelaskan ini dapat bermanfaat bagi semuanya, Terimakasih sudah membaca artikel ini.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
100% Gratis | No Spam | Email Terlindungi | Pemberitahuan Langsung dari Google
smart-edu
Tags :

Populer Lainnya : Pengertian, Fungsi, dan Proses Terjadinya Fotosintesis

0 comments:

Post a Comment