Informasi Seputar Pendidikan

Manfaat dan Efek Samping yang Terkandung pada Buah Naga

Halo sobat, kali ini saya akan memberi tahu Manfaat dan Efek Samping yang Terkandung pada Buah Naga. Jangan hanya tahu makan saja, tetapi juga harus tahu manfaat dan efek sampingnya. Kalau belum tahu baca artikel dibawah ini.

Manfaat Buah Naga Untuk Dikonsumsi Sehari-Hari

Buah naga sangat bermanfaat jika dikonsumsi sehari hari, buah ini memiliki kandungan air dan vitamin serta serat yang sangat tinggi.Buah naga kaya akan nutrisi, selain kaya vitamin, buah ini juga kaya lemak tak jenuh yang penting untuk tubuh (bukan lemak jenuh yang justru harus dihindari). Serat yang ada pada buah ini memiliki manfaat bagus untuk pencernaan dan mengatur kadar gula darah. Sedangkan pada bagian bijinya yang berwarna hitam mengandung asam lemak esensial dalam jumlah banyak. Zat-zat inilah yang membuat buah naga sangat baik untuk kesehatan tubuh, sehingga sangat cocok untuk dikonsumsi sehari-hari, sama seperti buah apel. Berikut adalah manfaat buah naga untuk dikonsumsi sehari hari.
  1. Bisa memperkuat tulang dan gigi. 
  2. Baik untuk membersihkan usus. 
  3. Mencegah peradangan. 
  4. Menjaga ion tubuh. 
  5. Buah untuk meningkatkan stamina. 
  6. Agar tidak mudah kram. 
  7. Mencegah kelumpuhan otot. 
  8. Baik untuk menjaga kelembaban kulit. 
  9. Baik untuk manula. 
  10. Menjaga kesehatan syaraf. 
  11. Baik untuk menjaga usus dari perkembangan bakteri. 
  12. Dapat digunakan untuk perwarna alami (buah naga merah). 
  13. Dapat digunakan untuk membasmi jerawat. 
  14. Mencegah kerapuhan tulang. 
  15. Baik untuk pencernaan bayi di atas 1 tahun. 
  16. Menjaga kelancaran sistem peradaran darah. 
  17. Baik untuk meningkatkan ASI. 
  18. Baik untuk mengobati panas dalam. 
  19. Baik untuk mengobati sariawan. 
  20. Sangat ampuh untuk mengatasi tengorokan kering. 
  21. Dapat menjaga kulit wajah agar tetap kencang.
  22. Bagus untuk jantung.
  23. Mencegah kanker. 
Manfaat dan Efek Samping yang Terkandung pada Buah Naga

Efek Samping Buah Naga

Telalu banyak memakan buah naga bisa mengakibatkan efek kembung, perut sakit, memicu penyakit maag kambuh, dan memicu diabetes.
1. Efek Kembung
Terlalu banyak mengonsumsi buah naga, perut kita akan terasa kembung. Hal ini dikarenakan buah naga memiliki kandungan mineral yang tinggi, karena itu bila kandungan mineral dalam tubuh Anda juga tinggi saat makan buah naga ini, maka perut Anda akan terasa kembung.

2. Perut Sakit
Kebersihan dan kesegaran buah juga perlu diperhatikan dalam mengkonsumsinya. Sebaiknya kalau mau makan buah naga dicuci dulu agar bersih dan simpan di dalam lemari es, agar kesegarannya terjaga dan tidak membahayakan kesehatan Anda. Karena buah naga yang tidak segar atau layu akan menimbulkan perut sakit.

3. Penyakit Maag
KambuhSelain rasa manis dan lezat yang terkandung dalam buah naga ini, ada juga rasa asam yang bila Anda konsumsi sebelum makan nasi, maka dapat menimbulkan maag, rasa asam tersebut dihasilkan dari vitamin C. Bagi Anda yang memang sudah terkena penyakit maag, sebaiknya mengonsumsi nasi terlebih dahulu sebelum makan buah ini dan jangan lupa untuk membatasi diri saat makan buah ini.

4. Memicu diabetes
Buah naga memiliki kandungan glukosa yang tinggi, sehingga jika kita mengonsumsi buah naga bersamaan dengan gula dalam jangka waktu lama maka dikhawatirkan akan memicu penyakit diabetes. Sebaiknya Anda mengolah buah naga ini dengan tanpa gula. Dan bagi Anda yang memang sudah menderita penyakit ini, sebaiknya jangan terlalu banyak makan buah naga ini. Anda juga bisa menggantikan gula dengan madu saat mengolah buah ini.

Itulah yang dapat saya sampaikan mengenai Manfaat dan Efek Samping yang Terkandung pada Buah Naga. Semoga dapat bermafaat bagi semuanya, tolong di share ya sobat.
Author: Fihan Asf Title: Manfaat dan Efek Samping yang Terkandung pada Buah Naga Rating: 4.5
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
100% Gratis | No Spam | Email Terlindungi | Pemberitahuan Langsung dari Google
smart-edu
Tags :

Populer Lainnya : Manfaat dan Efek Samping yang Terkandung pada Buah Naga

0 comments:

Post a Comment