Informasi Seputar Pendidikan

Pengertian dan Unsur-Unsur Berita

Hai sobat, dikesempatan ini saya akan memberi sedikit materi mengenai Pengertian dan Unsur-Unsur Berita. Pastinya kalian sudah sering dengar mengenai berita. Nah, mau tahu lebih luas lagi, silahkan baca artikel dibawah ini.

Pengertian Berita

Berita adalah kejadian penting yang dilaporkan wartawan untuk mendapat perhatian pembaca, pendengar, dan pemirsa. Laporan itu harus disampaikan dengan benar, tidak memihak, dan objektif. Peristiwa yang mempunyai nilai berita biasanya mengandung kriteria sebagai berikut.
1. Kedekatan
Berita tentang kejadian yang dekat akan lebih menarik perhatian kita (sebagai pembaca, pendengar, atau pemirsa). Kejadian yang dilaporkan dalam berita hendaknya tidak jauh dari pembaca atau pendengarnya.

2. Hangat/Baru
Kejadian yang telah lama terjadinya cenderung kurang menarik karena dianggap sudah basi. Kejadian yang mempunyai nilai berita sebenarnya yang bersifat aktual atau baru terjadi. Konsumen berita (pembaca, pendengar, dan pemirsa) lebih menyukai berita yang hangat atau baru.

3. Penting
Kriteria ini disebut juga tingkat kemenonjolan, kehebatan, atau keluasan peristiwa. Seseorang yang kehilangan uang lima puluh ribu rupiah tidak mempunyai nilai berita. Sebaliknya, jika uang yang hilang lima puluh miliyar rupiah, maka kejadian itu menjadi berita yang menarik. Hal ini disebab kan tingkat kepentingan peristiwa tersebut.

4. Konflik
Situasi yang dramatik dan penuh misteri tergolong peristiwa yang mengandung konflik. Dengan adanya konflik, seseorang ingin mengetahui akhir dari peristiwa yang diberitakan.

5. Nama
Peristiwa yang melibatkan orang-orang terkenal atau ternama merupakan berita yang menarik.

6. Variasi
Kejadian yang mengandung nilai berita bukanlah peristiwa yang bisa terjadi, melainkan kejadian uang luar biasa, dan tidak terjadi setiap hari. Peristiwa yang aneh, belum pernah terjadi sebelumnya, dan juga mungkin tidak akan terjadi lagi akan sangat menarik perhatian.


 Pengertian dan Unsur-Unsur Berita

Unsur-Unsur Berita

Dalam proses pembelajaran memahami sebuah berita tentunya kita harus memahami unsur-unsur yang terdapat dalam berita. Unsur-unsur berita yang benar adalah sebagai berikut :
1) What (apa)
Suatu berita dikatakan baik jika memenuhi unsur what, yaitu berisi pernyataan yang dapat menjawab pertanyaan apa.
2) Who (siapa)
Suatu berita dikatakan baik jika memenuhi unsur who, yaitu disertai keterangan tentang orang-orang yang terlibat dalam peristiwa.
3) When (kapan)
Suatu berita dikatakan baik jika memenuhi unsur when, yaitu menyebutkan waktu kejadian peristiwa.
4) Where (dimana)
Suatu berita dikatakan baik jika memenuhi unsur where, yaitu berisi deskripsi lengkap tentang tempat kejadian.
5) Why (mengapa)
Suatu berita dikatakan baik jika memenuhi unsur why, yaitu disertai alasan atau latar belakang terjadinya peristiwa.
6) How (bagaimana)
Suatu berita dikatakan baik jika memenuhi unsur how, yaitu dapat dijelaskan proses kejadian suatu peristiwa dan akibat yang ditimbulkan.

Itulah penjelasan saya mengenai Pengertian dan Unsur-Unsur Berita, semoga bermanfaat bagi kalian semuanya dan mudah kalian fahami. Terimakasih sudah membaca.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
100% Gratis | No Spam | Email Terlindungi | Pemberitahuan Langsung dari Google
smart-edu

Populer Lainnya : Pengertian dan Unsur-Unsur Berita

0 comments:

Post a Comment