Informasi Seputar Pendidikan

Pengertian dan Fungsi Pranata Sosial

Halo sobat, sudah pernah dengar belum tentang pranata sosial? Nah, dikesempatan kali ini saya akan menjelaskan mengenai Pengertian dan Fungsi Pranata Sosial. Lebih jelasnya, silahkan baca artikel dibawah ini.

Pengertian Pranata Soisal

Koentjaraningrat mengatakan bahwa pranata soisal adalah suatu sistem tata kelakuan dan hubungan yang berpusat kepada aktivitas-aktivitas untuk memenuhi kompleks-kompleks kebutuhan khusus dalam kehidupan masyarakat. Di dalam pranata sosial terdapat seperangkat aturan yang berpedoman pada kebudayaan. Oleh karena itu pranata sosial bersifat abstrak karena merupakan seperangkat aturan. Adapun wujud dari pranata sosial adalah  berupa lembaga (institute).

Pranata dan lembaga memiliki makna yang berbeda. Pranata merupakan sistem norma atau aturan-aturan mengenai suatu aktivitas masyarakat yang khusus, sedangkan lembaga atau institute adalah badan atau organisasi yang melaksanakan aktivitas itu.

Fungsi Pranata Sosial

Fungsi pranata sosial adalah sebagai padoman sikap perilaku masyarakat dan untuk pegangan untuk sistem pengadilan, sosial keluarga adalah kesaruan/unit masyarakat yang terkecil.

Secara umum keberadaan pranata sosial dalam kehidupan masyarakat berfungsi sebagai berikut :
a. Menjaga keutuhan masyarakat
Dengan adanya pranata sosial yang mengatur tentang berbagai bentuk aktivitas manusia, maka akan terwujud suasana kehidupan yang harmonis.
b. Sebagai sosial kontrol
Memberikan pegangan kepada masyarakat untuk mengadakan sistem pengendalian sosial (social control). Artinya menjadi sistem pengawasan masyarakat terhadap tingkah laku anggota-anggotanya.
c. Memberikan pedoman pada anggota masyarakat
Pranata sosial memberikan arahan kepada setiap individu mengenai bagaimana seharusnya ia melakukan kegiatan dalam memenuhi kebutuhannya, sehingga tidak menimbulkan penyimpangan-penyimpangan yang dapat meresahkan masyarakat dan mengganggu keharmonisan masyarakat.

Tujuan Pranata Sosial

Klasifikasi pranata sosial menurut (koentjaraningrat) bertujuan memenuhi kebutuhan :
  1. Kehidupan kekerasan.
  2. Manusia untuk mata pencaharian.
  3. Pendidikan.
  4. Ilmiah manusia.
  5. Rohaniyah/batiniyah.
  6. Manusia untuk berhubungan dengan tuhan/alam gaib.
  7. Untuk mengatur kehidupan kelompok.
  8. Jasmani manusia.
Pengertian dan Fungsi Pranata Sosial


Ciri-Ciri Pranata Sosial

Pranata sosial memiliki ciri sebagai berikut :
1. Memiliki Lambang-Lambang sebagai Ciri Khasnya
Lambang tersebut dapat berupa.
a. Gambar(logo).
b. tulisan.
c. Gabungan antar gambar, tulisan, dan logo.
d. Bendera panji.
2. Memiliki Tingkatan Kekekalan Tertentu
Keberadaan suatu pranata sosial bukan hanya berlangsung dalam sekejab atau untuk sementara waktu saja, melainkan terus berlangsungnya sampai manusia tidak lagi membutuhkan pranata tersebut.
3. Memiliki Tradisi Tertulis Maupun Tidak Tertulis
Misalnya dalam pranata ekonomi terdapat aturan mengenai pajak, jual beli, kegiatan ekspor impor, dan sebagainya. Meskipun tidak ada aturan tertulis namun kebiasaan sungkem dengan orang tua merupakan bagian dari tradisi keluarga Indonesia
4. Merupakan Suatu Sistem Pola-pola Pemikiran dan Pola Perilaku yang Terwujud Melalui Aktivitas Kemasyarakatan
Kita dapat membandingkan bahwa penampilan petani, nelayan, guru, polisi, dan aneka ragam profesi masing-masing menunjukan pola khas.
5. Memiliki Satu atau Beberapa Tujuan
Pembentukan pranata sosial bertujuan untuk mengatur kegiatan manusia dalam upaya memenuhi kebutuhannya. Orang memerlukan lembaga pendidikan untuk memenuhi kebutuhan akan penguasan ilmu pengetahuan. Lembaga pendidikan bukan hanya sekedar memenuhi kebutuhan akan ilmu pengetahuan, tetapi juga untuk memenuhi kebutuhan akan pekerjaan, kerena setiap pekerjaan memerlukan persyaratan pendidikan tertentu.
6. Memiliki Alat-alat Perlengkapan yang Digunakan Untuk Mencapai Tujuan Lembaga yang Bersangkutan
Misalnya lembaga pendidikan formal yang memiliki gedung sekolah, peralatan sekolah, kurikulum, dan alat-alat kelengkapan lainnya.

Cukup sampai sini saja penjelasannya mengenai Pengertian dan Fungsi Pranata Sosial, mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi semuanya. Terima kasih sudah membaca artikel ini.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
100% Gratis | No Spam | Email Terlindungi | Pemberitahuan Langsung dari Google
smart-edu
Tags :

Populer Lainnya : Pengertian dan Fungsi Pranata Sosial

0 comments:

Post a Comment