Informasi Seputar Pendidikan

Penyebaran Berita Proklamasi kemerdekaan Indonesia

Hai sobat, kali ini saya akan menjelaskan sedikit materi tentang Penyebaran Berita Proklamasi indonesia. Apakah kalian tahu penyebaran berita proklamasi dilakukan melalui sarana-sarana apa? Nah, kalau kalian belum tahu, baca penjelasan saya berikut ini.

Proklamasi adalah pengumuman kepada seluruh rakyat akan adanya kemerdekaan. Pengumuman akan adanya kemerdekaan tersebut tidak hanya ditunjukan kepada rakyat dari yang bersangkutan tetapi juga kepada rakyat di seluruh dunia dan kepada semua bangsa yang ada di bumi ini.
Wilayah indonesia sangatlah luas. Komunikasi dan transportasi sekitar tahun 1945 masih sangat terbatas. Disamping itu, hambatan dan larangan untuk menyebarkan berita proklamasi oleh pasukan jepang di indonesia, merupakan sejumlah faktor yang menyebabkan berita proklamasi mengalami keterlambatan di sejumlah daerah, terutama di luar Jawa.

Sarana Penyebaran Berita Proklamasi
Berita proklamasi yang telah meluas di Jakarta segera disebarluaskan ke seluruh wilayah Indonesia bahkan ke seluruh dunia. Penyebarluasan berita itu dilakukan melalui sarana-sarana berikut.
Penyebaran Berita Proklamasi kemerdekaan Indonesia
a. Kantor Berita "Domei"
pada tanggal 17 Agustus 1945 sekitar pukul 18:30 WIB. wartawan kantor berita Domei syahrudin menyampaikan salinan teks proklamasi kepada Waidan B. Panelewan. Ia segera memerintahkan kepada Markonis (petugas telekomunikasi) F. Wuz untuk menyiarkan berita tersebut tiga kali berturut-turut. Ketika Kantor Berita Domei disegel Jepang pada tanggal 20 Agustus 1945 para pemuda tersebut membuat pemancar baru di menteng 31 dengan kode panggilan DJK 1. Tokoh yang berperan antara lain: Sutamto, Susilaharja, dan Suhandar.
b. Radio
Pada tanggal 17 Agustus 1945, syahrudin berhasil memasuki ruang siaran radio Hoso Kanri Kyoku (Sekarang RRI). Tepat pukul 19:00 teks proklamasi berhasil di siarkan, M. Yusuf  Ronodipuro, Bachtiar Lubis, dan Suprapto adalah tokoh-tokoh yang berperan besar dalam menyiarkan berita proklamasi tersebut.
c. Kawat telepon
Adam Malik yang waktu itu jadi wartawan menyampaikan teks proklamasi melaui telepon kepada Asa Bafaqih yang kemudian diteruskan kepada Penghulu Lubis untuk mendapatkan pengesahan lolos sensor. Selanjutnya dikawatkan ke daerah-daerah.
d. Surat Kabar (Pers)
Harian "Suara Asia" di surabaya adalah koran pertama yang menyiarkan berita proklamasi. Para pemuda yang berjuang lewat Pers, antara lain B.M. Diah, Sukarjo Wiryo Pranoto, Iwa Kusuma Sumantri, Ki Hajar Dewantoro, Otto Iskandardinata, GS.S.J. Ratulangi, Adam Malik, Sayuti Melik, Sultan Syahrir, Madikin Wonohito, Sumanang SH, Manai Sophian, dan Ali Hasyim.
e. Anggota PPKI dari daerah
Berita proklamasi secara resmi di bawa dan disebar luaskan keluar pulau Jawa melalui para anggota PPKI yang berasal dari daerah yang kebetulan menyaksikan peristiwa proklamasi dan menghadiri sidang PPKI. Anggota tersebut antara lain: Teuku Muhammad Hasan (Sumatera), Sam Ratulangi (Sulawesi), Ketut Puja (Nusa Tenggara), dan AA hamidhan (Kalimantan).
f. Sarana Lain
Berita  Proklamasi Kemerdekaan Indonesia juga disebarkan melalui pemasangan pamflet, poster, dan coretan pada tembok dan gerbong-gerbong kereta api. Sejumlah besar pamflet disebarkan ke berbagai penjuru kota. Selain itu, berita proklamasi kemerdekaan indonesia juga menggunakan pengerahan massa dan penyampaian dari mulut ke mulut. Keampuhan cara itu terbukti dan berdatangannya masyarakat ke Lapangan Ikada untuk mendengarkan pembacaan proklamasi kemerdekaan.

Cukup sampai sini saja penjelasanya tentang Proklamasi kemerdekaan Indonesia, rasanya sudah cukup jelas. Semoga saja apa yang saya jelaskan bisa bermanfaat bagi semuanya. Saya ucapkan terimakasih bagi yang sudah membaca artikel ini.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
100% Gratis | No Spam | Email Terlindungi | Pemberitahuan Langsung dari Google
smart-edu
Tags :

Populer Lainnya : Penyebaran Berita Proklamasi kemerdekaan Indonesia

0 comments:

Post a Comment