Informasi Seputar Pendidikan

Pedoman Menyusun Teks Hasil Observasi Lingkungan

Hari ini saya akan membahas Pedoman Menyusun Teks Hasil Observasi Lingkungan. Yang lagi belajar bahasa indonesia, silahkan baca materi ini.
Pernahkah kamu melakukan observasi lingkungan, misalnya observasi pasar, observasi terhadap lalu lintas atau petani yang ada di dekatmu? Pada kegiatan belajar kali ini, kamu akan di ajak untuk menyusun teks hasil observasi. Oleh karena itu, sebelum menyusun kamu akan di ajak melakukan kegiatan observasi.
1. Melakukan Observasi
Sebelum melakukan kegiatan observasi, ada beberapa pedoaman observasi.Yaitu, kamu harus menentukan objek pengamatan. Setalah itu, kamu harus menetukan tujuan atau hal-hal apa saja yang akan di amati. Selanjutnya, kamu dapat melakukan pengamatan. Bawalah alat yang dapat membantu dalam membuat catatan yang diperlukan, seperti alat tulis dan kamera jika diperlukan.
2. Membuat Catatan
Pada saat melakukan observasi lingkungan, cobalah untuk mencatat setiap peristiwa atau objek yang di amati. Sebagai contoh, kamu ingin melakukan observasi tentang kepatuhan berlalu lintas di jalan raya utama.Oleh karena itu, kamu harus mencatat jumlah kendaraan yang lewat .
perhatikan contoh catatan-catatan berikut!
Catatan Pokok-Pokok Hasil Observasi Atau Pengamatan 
  1. Lalu lintas padat terjadi pada pagi pukul 06:30-08:00 WIB.
  2. Pelanggaran terjadi adalah pengendara yang tidak menggunakan helm standar, tidak memakai helm dan melanggar lalu lintas.
  3. Pengendara yang tidak memakaki helm standar berjumlah 13 orang.
  4. Pengendara yang tidak memakai helm berjumlah 3 orang.
  5. Pengendara yang melanggar lalu lintas berjumlah 2 orang.
  6. Peranan polisi lalu lintas masih sangat di perlukan.
Pedoman Menyusun Teks Hasil Observasi Lingkungan

3. Membuat Kerangka Laporan Observasi
Sesudah melakukan pengamatan, kegiatan berikutnya adalah membuat kerangka laporan. Kerangka itu akan memudahkanmu membuat laporan yang urut dan teratur.
4. Menyusun Teks Hasil Observasi
Kegiatan selanjutnya adalah menyusun teks hasil observasi yang berupa laporan pengamatan. Kerangka yang sudah dibuat di kembangkan menjadi laporan yang utuh.


Author: Fihan Asf Title: Pedoman Menyusun Teks Hasil Observasi Lingkungan Rating: 4.5
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
100% Gratis | No Spam | Email Terlindungi | Pemberitahuan Langsung dari Google
smart-edu

Populer Lainnya : Pedoman Menyusun Teks Hasil Observasi Lingkungan

0 comments:

Post a Comment