Informasi Seputar Pendidikan

Membedakan, Mengklasifikasikan, Mengidentifikasi Teks Eksposisi

Apakah kalian tahu, bagaimana membedakan, mengklasifikasikan, mengidentifikasi teks eksposisi? Dikesempatan kali ini, admin akan membahas materi mngenai Membedakan, Mengklasifikasikan, Mengidentifikasi Teks Eksposisi.

Paragraf eksposisi merupakan karangan yang menerangkan pokok pikiran yang dapat memperluas wawasan. Ciri-ciri paragraf eksposisi sebagai berikut.
  • Penulis teks berusaha menjelaskan sesuatu secara objektif, tidak ada unsur-unsur yang bersifat subjektif.
  • Gaya penulisan bersifat informatif. Tujuan dari pemaparan paragraf eksposisi adalah menambah pengetahuan pembaca dan memberikan informasi yang menerangkan sejelas-jelanya tentang hal yang diperlukakan.
  • Teks memuat fakta yang terdapat di lapangan. Fakta tersebut di pakai sebagai alat konstribusi dan fakta yang konkret.

Menurut C.H Vivian dalam Dasar-Dasar Komposisi Bahasa, tipe-tipe yang tetap dari bentuk eksposisi sebagai berikut.
1. Eksposisi Definisi
Secara umum dapat dikatakan bahwa definisi adalah eksposisi terhadap arti kata-kata. Para pemakai bahasa atau penulis biasanya selalu membatasi ragam arti kata-kata dalam bahasanya. Semakin jelas pembatasan arti kata-kata itu baik bagi penulis sendiri maupun pembacanya, maka semakin jelas pula komunikasi gagasan atau ide dalam fikiran si penulis definisi kepada pembaca. Jadi, definisi merupakan penjelasan formal terhadap pembatasan arti-arti kata tersebut dengan tujuan untuk kejelasan suatu pesan komunikasi.
Dalam hal tersebut, penulisan hanya menggunakan kalimat definisi, atau ia mungkin memperluas definisinya itu dalam satu atau beberapa paragraf. Dengan demikian, definisi itu di bedakan menjadi dua yaitu definisi sekalimat (sempit) dan definisi luas.

a. Definisi sekalimat
Secara formal definisi sekalimat adalah suatu pernyataan yang menentukan sebutan nama pada suatu hal, menggolomgkan, dan membedakanya dari hal-hal yang lain, yang segolongnya atau sejenis dalam kelasnya. Dengan demikian, definisi seakalimat menyatakan sesuatu hal yang didefinisikan secara umum kemudian secara khusus.
Contoh eksposisi definisi sekalimat:
Mikrofon radio adalah suatu mekanisme yang mengubah daya suara alamiah menjadi daya suara listrik.

b. Definisi Luas
Definisi luas terdiri atas satu definisi sekalimat. Kemudian, definisi sekalimat tersebut dijelaskan lebih lanjut. Definisi ini dapat dikembangkan dengan jenis uraian perbandingan ilustrasi, pengulangan, etimologi, atau cara pengembangan yang lain. Definisi luas dilakukan secara deduktif dan indukatif.
 1) Definisi luas secara deduktif
     Adanya definisi sekalimat pada bagian awal yang diperlukan dengan uraian yang teliti.
 2) Definisi luas secara indukatif
     Adanya uraian yang teliti dan sekecil-kecilnya yang sesuai dengan hal yang didefinisikan.
Contoh eksposisi definisi luas:
Istilah atau kata puisi berasal dari bahasa yunani "poiesis" yang berarti penciptaan. Akan tetapi, arti semula ini lama kelamaan semakin disempitkan ruang lingkupnya menjadi hasil seni sastra, yang kata-katanya disusun menurut syarat-syarat yang tertentu. syarat tersebut seperti menggunakan irama, sajak, dan kata kiasan.

Membedakan, Mengklasifikasikan, Mengidentifikasi Teks Eksposisi

2. Eksposisi Analisis Klasifikasi
Jenis eksposisi yang erat hubunganya dengan definisi adalah analisis. Analisis tersebut merupakan cara memecahkan suatu pokok masalah. Suatu pokok masalah dipecahkan menjadi bagian-bagian yang logis. Bagian-bagian dari pokok masalah tersebut disebut tipe analisis. Tipe dasar analisis tersebut yaitu klasifikasi pokok masalah yang majemuk, klasifikasi atau pecahan pokok masalah yang tunggal dan klasifikasi suatu proses (eksposisi proses). Misalnya kita mengklasifikasikan ayam bedasarkan jenis biologisnya sebagai ayam siam, ayam bangkok, dan ayam jawa.

3. Eksposisi Analisis Proses
Eksposisi proses merupakan suatu uraian atau penjelasan mengenai cara suatu hal bekerja, terjadi atau cara melakukan atau mengerjakan sesuatu. Eksposisi proses banyak kamu jumpai dalam buku-buku pelajaran atau buku teks, majalah, selebaran lembaran cetak (leaflet).
Sering analisis proses menggunakan definisi untuk menjelaskan istilah yang jarang atau kurang dikenal pembacanya.
Contoh eksposisi analisis proses:
Nevel "pop" diciptakan berdasarkan prinsip-prinsip objektivitas terhadap pembaca masal, yaitu dengan mencari kecenderungan terbesar selera pembaca, bahkan berusaha menciptakan dan memengaruhi selera pembaca. Itu dari segi tema, gaya dan setting. Penekanan yang paling utama dalalm novel pop adalah pada plot carita yang memikat dan memakau. Di dalam plot terlihat jelas betapa menonjolnya usaha menenggelamkan kesadaran individu menyertakan konflik yang diciptakan.


4. Eksposisi Ikhtisar Atau Ringkasan (summary)

Suatu ikhtisar atau ringkasan merupakan ekspresi yang ketat dari isi utama karangan atau teks. Oleh karena memang tujuan utama dari ringkasan adalah untuk memberitahu pembaca isi asli teks yang diringkaskan, terutama mengenai suatu pikiran utama dalam karangan aslinya. Jadi, eksposisi ikhtisar atau merupakan karangan yang memaparkan informasi seperti teks aslinya. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mempelajari ringkasan adalah sinonim ringkasan, langkah-langkah menyiapkan ringkasan, dan panjang sebuah ringkasan.


5. Eksposisi pertimbangan (review)

Istilah review dalam arti yang khusus menurut C.H. vivian adalah suatu uraian informatif tentang isi dan kualitas suatu buku atau karangan: novel, cerita pendek, drama, lukisan, atau bentuk karya sastra lain. Dalam arti umum, suatu review mungkin mencakup masalah-masalah selain seni. Teks eksposisi yang berwujud review adalah resensi.

Penjelasan saya yang ini belum berakhir sampai sini saja, jika ingin membaca materi selanjutnya silahkan klik> Membedakan, mengklasifikasikan, mengidentifikasi teks eksposisi part 2.
Author: Fihan Asf Title: Membedakan, Mengklasifikasikan, Mengidentifikasi Teks Eksposisi Rating: 4.5
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
100% Gratis | No Spam | Email Terlindungi | Pemberitahuan Langsung dari Google
smart-edu

Populer Lainnya : Membedakan, Mengklasifikasikan, Mengidentifikasi Teks Eksposisi

0 comments:

Post a Comment