Informasi Seputar Pendidikan

Membedakan, Mengklasifikasikan, Mengidentifikasi Teks Eksposisi Part 2

Ini materi yang selanjutnya tentang Membedakan, Mengklasifikasikan, Mengidentifikasi Teks Eksposisi Part 2. Silahkan di baca ya sobat.

6. Eksposisi Laporan
Laporan merupakan suatu uraian faktual atau berdasarkan fakta secara tepat. Laporan tersebut dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Karena laporan bersifat memberikan informasi yang faktual, laporan termasuk dalam teks eksposisi. Untuk menyusun laporan yang baik penulis harus mempertimbangkan segala fakta dan objektivitas yang ditemui dilapangan, Jadi, penulis laporan harus menyampaikan laporan pengamatan yang sesuai tempat kejadian.
Contoh eksposisi laporan:
Sebenarnya, bukan hanya ITS yang menawarkan rumah instan sehat untuk Aceh atau dikenal dengan rumah ITS untuk Aceh (RI-A). Pusat Penelitain dan Pengembangan Permukiman Departemen Pekerjaan Umum juga menawarkan "Risha" alias Rumah Instan Sederhana Sehat. Modelnya hampir sama, gampang di bongkar-pasang, bahkan motonya "Pagi Pesan, Sore Huni". Bedanya, sistem setruktur dan konstruksi. Risha memungkinkan rumah ini berbentuk panggung. Harga Risha sedikit lebih mahal, Rp 20 juta untuk tipe 36. Akan tetapi, usianya dapat mencapai 50 tahun karena komponen setruktur memakai beton bertulang, diperkuat pelat baja di bagian sambunganya. kekuatannya terhadap gempa juga telah diuji di laboratorium sampai zona enam.

Membedakan, Mengklasifikasikan, Mengidentifikasi Teks Eksposisi

sementara itu, menurut Gorys Keraf dalam Eksposisi dan Deskripsi, eksposisi dibedakan sebagai berikut.
a. Eksposisi Definisi
Pengertian definisi dapat ditinjau dari bermacam-macam sudut. Pengertian definisi sebagai yang dapat dibaca dalam kamus-kamus adalah 1) suatu pernyataan tentang apa yang dimaksud dengan suatu hal atau barang; 2) suatu pernyataan atau penjelasan tentang makna suatu kata atau frasa. Definisi dapat pula berarti suatu proses yang berusaha meletakkan batas-batas penggunaan sebuah kata.
Contoh eksposisi definisi:
Ozon therapy adalah pengobatan suatu penyakit dengan cara memasukan oksigen dan ozon berenergi tinggi kedalam tubuh melalui darah. Ozon therapy merupakan terapi yang sangat bermanfaat bdan agi kesehatan, baik untuk menyembuhkan penyakit yang kita derita maupun sebagai pencegah penyakit.
b. Eksposisi Identifikasi
Eksposisi identifikasi merupakan sebuah metode yang berusaha menyebutkan ciri-ciri atau unsur-unsur pengenalan suatu objek. Dengan menyebutkan ciri suatu objek diharapkan pembaca atau pendengar lebih mengenal objek terdebut.
Contoh eksposisi identifikasi:
Parangtritis adalah nama desa di Kecamatan Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.
Di desa ini terdapat Samudera Hindia yang terletak kurang lebih 25 km sebelah selatan kota Yogyakarta. Parangtritis merupakan wisata merupakan wisata yang cukup terkenal di Yogyakarta selain objek pantai lainya seperti Samas, Baron, Kukup, Krakal, dan Glagah.
c. Eksposisi Perbandingan
Perbandingan/pertentangan merupakan tipe analisis dengan menggunakan teknik pengembangan paragraf dari paragraf itu sendiri. Kalimat utama yang mengandung pokok pikiran dalam paragraf dapat dijelaskan dengan cara membandingkan dengan masalah lain. Hal yang dipakai sebagai pembanding harus bersifat konkret atau paling tidak sudah dikenal masyarakat.
Contoh ekspossi perbandingan.
Di lapangan saat ini para petembak justru tengah memberikan benih udang vannamei. Meski lebih murah dari udang windu. Tetapi, udang vannamei punya keunggulan yaitu tahan dari berbagai penyakit, sedangkan udang windu sangat rentan terhadap penyakit.
d. Eksposisi Ilustrasi
Eksposisi ilustrasi adalah suatu metode untuk mengadakan gambaran atau penjelasan yang khusus dan konkret terhadap suatu prinsip yang bersifat umum. Penulis akan menjelaskan suatu hal secara jelas sehingga pembaca tidak kebingungan dalam memahami hal tersebut.
Eksposisi ilustrasi merupakan metode yang paling sering digunakan karena tidak menampilkan hal-hal yang umum secara abstrak secara umum atau kabur, tetepi menunjukan contoh-contoh yang nyata dan konkret. Menurut Goyrs Keraf, jenis eksposisi ilustrasi dapat disajikan secara deskriptif dan narasi.
Contoh eksposisii ilustrasi:
Cengkeh berasal dari kepulauan maluku. Kuncup bunganya yang belum terbuka ialah rempahnya. Jika sudah dikeringkan, di Pulau Jawa cengkeh di pakai sebagai campuran tembakau. Lebih-lebih sesudah tahun 1915 dengan pesatnya perusahaan rokok di Kudus. Lalu, kadang-kadang sudah digiling digunakan untuk mengharumkan kue. Cengkeh juga menghasilkan minyak uap yang digunakan sebagai bahan obat-obatan dan minyak wangi.
e. Eksposisi Klasifikasi
Metode klasifikasi merupakan sebuah metode yang bersifat alamiah untuk menampilkan pengelompokan-pengelompokan sesuai dengan pengalaman manusia. Barang, hal, atau gagasan yang dikenal melalui pengalaman dapat tersusun secara sistematis. Klasifikasi merupakan suatu metode untuk menempatkan hal atau benda dalam satu kelompok sehingga dapat diketahui hubungan dalam kelompok tersebut.
Contoh eksposisi klasifikasi:
Pemerintahan akan memberikan bantuan pembangunan rumah atau bangunan kepada korban gempa. Bantuan pembangunan rumah atau bangunan tersebut disesuaikan tingkat kerusakanya. Warga yang rumahnya rusak ringan mendapat bantuan sekitar 10 juta. Warga yang rumahnya rusak sedang mendapat bantuan sekitar 20 juta. Warga yang rumahnya rusak berat mendapat bantuan sekitar 30 juta. Calon penerima bantuan tersebut ditentukan oleh aparat desa setempat dengan pengawasan dari pihak LSM.
f. Eksposisi analisis
Menurut arti katanya, analisis berarti melepaskan menanggalkan atau menguraikan sesuatu yang terikat padu. Sebuah analisis terdiri atas komponen-komponen. Akan tetapi harus ingat bahwa analisis itu sendiri sama sekalai tidak menciptkan bagian-bagian tersebut. Bagian-bagian tersebut ditemukan oleh penulis, bukan diciptakan oleh penulis.
Suatu barang atau hal dapat dianalisis dari bermacam-macam sudut. Kamu dapat menganalisis sebuah objek seperti watak seseorang, gagasan seseorang, sebuah organisasi, sebuah proses, dan permasalahan yang sedang dihadapi.

Cukup ini saja yang dapat saya sampaikan tentang Membedakan, Mengklasifikasikan, Mengidentifikasi Teks Eksposisi, semoga bisa bermanfaat untuk semuanya. Jika ingin membaca artikel lainya klik disini.
Author: Fihan Asf Title: Membedakan, Mengklasifikasikan, Mengidentifikasi Teks Eksposisi Part 2 Rating: 4.5
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
100% Gratis | No Spam | Email Terlindungi | Pemberitahuan Langsung dari Google
smart-edu

Populer Lainnya : Membedakan, Mengklasifikasikan, Mengidentifikasi Teks Eksposisi Part 2

0 comments:

Post a Comment