Informasi Seputar Pendidikan

Memahami Makna Teks Tanggapan Deskriptif

Hai sobat, kali ini saya akan menjelaskan sedikit materi tentang Memahami Makna Teks Tanggapan Deskriptif. Apakah kalian tahu pengertian tentang Teks Tanggapan Deskriptif? Kalau kalian belum tahu ,silahkan simak penjelasan saya dibawah ini!

Pada kegiatan belajar kali ini kamu akan mempelajari cara memberikan tanggapan terhadap suatu hal atau informasi secara deskriptif. Tanggapan deskriptif adalah pendapat ataupun reaksi seseorang setelah melihat, mendengar ataupun merasakan sesuatu. Tanggapan dapat berupa persetujuan, sanggahan, pertanyaan, atau pendapat. Semua tanggapan harus disampaikan dengan sopan. Dalam menanggapi suatu permasalahan harus disertai jalan kaluar (solusi).

Pada saat menyampaikan sebuah komentar atau tanggapan, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan. Beberapa hal tersebut sebagai berikut.
  1. Komentar harus mengarah pada permasalahan yang ada.
  2. Sampaikan secara jelas dan tidak terbelit-belit.
  3. Komentar tidak bersifat  menjatuhkan atau menguji seseorang.
  4. Komentarilah isi dari makalah tersebut, bukan mengenai orangnya.
  5. Sertakan alasan yang logis dan mendukungnya, jika perlu sertakan beberapa kalimat kutipan dari pernyataan penyaji makalah.
  6. Tunjukkan kekurangan dan kelemahan dan disertai bukti, jika berupa kritikan atau masukan.
  7. Komentar harus memiliki nilai manfaat bagi orang lain.
Memahami Makna Teks Tanggapan Deskriptif

Sebuah tanggapan dapat disampaikan secara deskripsi. Sebelum itu, terlebih dahulu kamu harus mengetahui apa deskripsi itu? Deskripsi merupakan salah satu jenis karangan. Deskripsi berasal dari bahasa inggris yaitu description, yang artinya melukiskan dengan bahasa. Karangan deskripsi adalah karangan atau tulisan yang bertujuan menggambarkan suatu objek secara terperinci kepada pembaca. Menurut KBBI menyatakan bahwa deskripsi adalah pemaparan atau menggambarkan dengan kata-kata secara jelas dan terperinci.

Deskripsi adalah pemaparan atau penggambaran dengan kata-kata tentang suatu benda, tempat, suasana atau kejadian. Tujuan deskripsi ini agar seolah-olah pembaca "melihat" hal yang dilihatnya, dapat "mendengar" apa yang didengarnya, dapat "mencium bau" hal yang diciumnya, dapat "mencicipi" suatu yang dimakannya, dapat "merasakan" hal yang dirasakannya sehingga pembaca memiliki kesimpulan yang sama dengan penulisnya.

Pada dasarnya tanggapan deskriptif atau paragraf deskriptif memiliki tujuan yang sama yaitu agar pembaca atau pendengarnya paham dengan jelas objek yang digambarkan. Tanggapan deskriptif pun sama dengan paragraf deskriptif.

Rasanya sudah cukup jelas penjelasanya tentang teks tanggapan deskriptif. Semoga bisa bermanfaat bagi semuanya, silahkan di share ya sobat agar dapat barokahnya.
Author: Fihan Asf Title: Memahami Makna Teks Tanggapan Deskriptif Rating: 4.5
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
100% Gratis | No Spam | Email Terlindungi | Pemberitahuan Langsung dari Google
smart-edu

Populer Lainnya : Memahami Makna Teks Tanggapan Deskriptif

0 comments:

Post a Comment