Informasi Seputar Pendidikan

Memahami Makna Atau Pengertian Teks Laporan Hasil Observasi

Pernahkah kamu melakukan observasi? Jika pernah, apa yang kamu peroleh setelah melakukan pengamatan itu? Tentu kamu akan memperoleh beragam pengalaman yang banyak. Observasi atau pengamatan dilakukan dengan mengamati objek yang teliti.

Menurut kamus besar bahasa indonesia, observasi adalah peninjauan secara cermat. Kegiatan observasi adalah kegiatan pengematan terhadap keadaan, objek ,atau peristiwa yang akan di teliti. Kamu pasti pernah melakukan pengamatan/kunjungan ke suatu tempat. Pengamatan di lakukan untuk mencari suatu informasi yang di inginkan. Pengamatan adalah pengawasan terhadap kegiatan atau peristiwa. Orang yang melakukan observasi atau pengamatan disebut pengamat.

Observasi dilakukan untuk memperoleh berbagai data dan informasi yang konkret secara langsung di tempat pengamatan . Langkah-langkah dalam melakukan observasi sebagai berikut.
  1.  Harus diketahui dimana observasi dilakukan.
  2.  Harus ditentukan dengan pasti objek yang akan di observasi.
  3.  Harus diketahui dengan jelas data yang diperlukan.
  4.  Harus diketahui cara mengumpulkan data agar berjalan mudah dan lancar.
  5.  Harus diketahui cara mencatat hasil observasi, seperti menyediakan buku catatan, kamera , tape recorder, dan alat-alat tulis lainya.
memahami pengertian observasi

Setelah kamu melakukan observasi, kamu dapat membuat catatan hasil observasi menjadi laporan hasil observasi. Laporan atau teks hasil observasi dapat berupa laporan pengamatan atau penelitian dan laporan kunjungan. Laporan pengamatan adalah laporan yang berisi hasil pengamatan yang telah dilakukan sesuai dengan ketentuan . laporan hasil kunjungan menguraikan hasil kunjungan yang telah di lakukan. Laporan hasil pengamatan atau kunjungan dibuat sesuai dengan ketentuan yang telah dilakukan. Laporan hasil pengamatan atau kunjungan dibuat sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan berdasarkan jenis dan tujuan pengamatan.

Teks hasil observasi memuat pokok- pokok isi laporan. Pokok-pokok isi laporan tersebut sebagai berikut.
  1. Nama pelapor
  2. Hal yang diamati
  3. Waktu pengamatan
  4. Tempat pengamatan
  5. Tujuan pengamatan
  6. Hasil pengamatan
  7. simpulan

Demikian, sekilas pembahasan mengenai memahami makna atau pengertian teks laporan hasil observasi, semoga bermanfaat bagi yang membacanya.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
100% Gratis | No Spam | Email Terlindungi | Pemberitahuan Langsung dari Google
smart-edu

Populer Lainnya : Memahami Makna Atau Pengertian Teks Laporan Hasil Observasi

0 comments:

Post a Comment