Informasi Seputar Pendidikan

Langkah-Langkah Menyusun Teks Eksposisi

Hai sobat, sudah belajar bahasa indonesia belum? Nah, kalau belum, mari kita simak penjelasan tentang Langkah-Langkah Menyusun Teks Eksposisi.

Menyusun teks eksposisi sama artinya dengan mengarang teks eksposisi. mengarang atau menyusun merupakan ketrampilan berbahasa yang paling tinggi. Ketrampilan berbahasa lain yaitu mendengarkan, berbicara, dan membaca. Ketiga ketrampilan itu sebetulnya dimiliki oleh setiap orang. tingkatan paling sederhana yaitu mendengarkan dan berbicara.

Seseorang yang akan mengarang perlu menguasai beberapa hal, misalnya penguasaan kosakata, diksi, penyusun kalimat, dan pembentuk paragraf. sleain itu, pengarang atau penyusun harus memahami ejaan, tanda baca, dan mampu berpikir secara runtut.

Unsur penting sebuah karangan yaitu bentuk dan isi. Bentuk berhubungan dengan bahasa. sebaliknya, isi berhubungan dengan materi dalam karangan. Ciri-ciri karangan baik sebagai berikut.

1. Berisi ha-hal yamg bermanfaat
Karangan harus memenuhi kebutuhan pembaca. Karangan tidak perlu panjang. Karangan juga tidak harus mendalam, tetapi memberikan manfaat bagi pembaca.

2. Pengungkapan jelas
Kejelasan karangan memudahkan pembaca memahami isi karangan. Semakin jelas isi karangan, pembaca akan semakin jelas memahami isi karangan

3. Efektif dan Efisien
Karangan yang disusun harus menggunakan kata-kata yang ringkas, tetapi dapat menjangkau makna yang luas. Kata-kata yang ringkas sangat penting dalam mengarang.
Langkah-Langkah Menyusun Teks Eksposisi

Langkah-langkah yang perlu dilakukan dalam menyusun teks eksposisi sebagai berikut.

1. Menentukan topik atau tema yang akan kamu paparkan.
sebelum mengarang, kamu harus menentukan tema. Tema inilah yang menjiwai karangan. Tema harus di jabarkan sebaik-baiknya. Tema menjadi benang merah karangan dari awal sampai akhir, dan tema juga sering disebut sebagai topik atau ide sentral.

2. Menetukan tujuan paparan.
Tujuan mengarang yaitu ingin mencapai sesuatu sesuai karangan yang ditulis. Tujuan karangan ditetapkan sebelum topik atau tema di kembangkan. Pengembangan topik sang tergantung pada tujuannya.

3. Mengumpulkan bahan.
Data sangat diperlukan dalam mengarang. Data adalah keterangan yang menyangkut fakta. Data berupa kalimat, angka, gambar, denah, dan contoh. Data tersebut diperoleh dari berbagai sumber. Kamu dapat melakukan langkah-langkah berikut untuk mengumpulkan data.
  • a. Mengingat-ingat kembali pengalaman yang telah dialami.
  • b. Mengadakan pengamatan dan penelitian di lapangan baik wawancara, diskusi, dan angket.
  • c. Membaca buku, majalah, dan artikel.
  • d. Mencari informasi dari orang, instansi, atau lembaga yang berwenang atau ahli  dalam bidang tersebut.

4. Membuat kerangka karangan.
Kerangka karangan adalah rencana kerja yang mengandung ketentuan-ketentuan tentang pembagian dan penyusunan gagasan yang memuat garis-garis besar suatu karangan. Fungsi utama kerangka karangan adalah mengatur hubungan antara gagasan-gagasan yang ada.

Menyusun kerangka karangan merupakan tahap terakhir dari prapenulisan. yang mempengaruhi kerangka karangan ini ialah tujuan dan bahan penulisan. Dalam proses penyusunan kerangka karangan ada tahap yang harus di jalani, yaitu memilih topik, mengumpukan informasi, mengatur gagasan dan menulis kerangka itu sendiri. Adapun langkah-langkah penyusunan kerangka karangan adalah sebagai berikut:
  • a. Mencatat semua ide.
  • b. Menyeleksi ide-ide.
  • c. Mengurutkan dan mengelompokkan ide-ide secara cepat.
  • d. Pengumpulan bahan.

5. Menulis karangan.
Setelah kerangka selesai, tahap selanjutnya adalah mengembangkan kerangka tersebut menjadi kalimat, wacana, dan bab. Kalimat, wacana, dan bab tidak langsung menjadi tulisan yang benar dan utuh, namun masih bisa di perbaiki dan di revisi. Dengan kata lain, jarang sekali ada tulisan yang langsung menjadi artikel, tanpa adanya tahap merevisi.

perhatikan contoh berikut!
Langkah pertama adalah menentukan tema, misalnya "kemacetan lalu lintas di jalan raya". Setelah itu, kamu harus mengumpulkan bahan. Kemudian, buat kerangka karangan berdasarkan bahan-bahan yang telah diperoleh.

Saya rasa sudah cukup jelas panjang lebarnya mengenai penjelasanya tentang Langkah-Langkah Menyusun Teks Eksposisi. Semoga bisa bermanfaat bagi semuanya, dan terimakasih sudah membacanya.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
100% Gratis | No Spam | Email Terlindungi | Pemberitahuan Langsung dari Google
smart-edu

Populer Lainnya : Langkah-Langkah Menyusun Teks Eksposisi

1 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete