Informasi Seputar Pendidikan

Cara Memahami Dan Menangkap Makna Teks Eksposisi

Apa yang di maksud dengan teks eksoposisi? Menurut KBBI, eksposisi adalah uraian atau paparan yang bertujuan menjelaskan maksud dan tujuan dalam karangan. Secara umum eksposisi merupakan paparan yang berusaha memberi tahu atau menerangkan sesuatu. Paragraf eksposisi ditulis dengan tujuan untuk memberitahukan, memaparkan, menguraikan atau sesuatu kepada audien tertentu.

Penulisan karangan teks eksposisi biasanya didahului dengan penelitian. Tujuan karangan teks eksposisi sebagai berikut.
  1. Memberi keterangan sejelas-jelasnya tentang objek.
  2. Memberi tahu, mengupas, menguraikan, atau menerangkan.
Paparan dapat diperjelas dengan keterangan-keterangan, contoh-contoh, proses, analisis, hubungan sebab akibat, fakta, angka, grafik. peta statistik, serta perbandingan.
Cara memahami isi paragraf eksposisi sama dengan memahami paragraf-paragraf lain. Kamu dapat menentukan kalimat utama dalam setiap paragraf eksposisi. Kamu dapat pula menentukan gagasan pokok setiap paragraf eksposisi, Setelah itu, kamu akan mengethui isi paragraf eksposisi tersebut.
Cara Memahami Dan Menangkap Makna Teks Eksposisi



Kalimat utama adalah kalimat yang memuat ide pokok. Kalimat utama dapat terletak di awal paragraf, di tengah paragraf, di akhir paragraf, serta di awal dan di akhir paragraf. Kalimat utama tersebut dijelaskan oleh beberapa kalimat penjelas.
Gagasan pokok disebut juga ide pokok, Gagasan pokok merupakan ide yang mendasari terbentuknya sebuah paragraf. Ide pokok biasanya terdapat pada kalimat utama. Ide pokok dapat mewakili isi paragraf.

Inilah sedikit materi saya tentang Cara Memahami Dan Menangkap Makna Teks Eksposisi, walaupun hanya sadikit semoga bisa bermanfaat bagi yang membacanya.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
100% Gratis | No Spam | Email Terlindungi | Pemberitahuan Langsung dari Google
smart-edu

Populer Lainnya : Cara Memahami Dan Menangkap Makna Teks Eksposisi

0 comments:

Post a Comment